Jumlah Harimau Sumatera di TMSBK Bertambah


BUKITTINGGI, MJ News - Sepasang induk Harimau (Panther Tigers Sumatra) yang ada di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi kembali melahirkan sepasang anak, sepsang anak harimau baru lahir dari induknya Dara Jingga dan Pejantan bernama Bancah sampai sekarang dalam kondisi sehat

Kabid TMSBK Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Ikbal mengatakan, sepasang anak harimau Sumatera itu lahir pada 12 Desember 2019 lalu dan saat ini sudah berusia 1 bulan 20 hari.

“Kondisi saat ini sepasang anak Harimau Sumatera itu diposisikan sekandang dengan induk betinanya, dan dipisahkan dari induk jantan, guna menghindari kemungkinan perilaku agresif yang dapat membahayakan anak-anaknya,” jelas Ikbal, Sabtu (1/2/2020).

Menurut Ikbal, saat ini kondisi anak Harimau Sumatera tersebut dalam kondisi sehat, dan itu merupakan kelahiran ke 6 bagi induk betina Dara Jingga. “Dengan lahirnya sepasang anak itu, koleksi satwa Harimau Sumatera di TMSBK bertambah menjadi 10 ekor, masing-masing lima ekor jantan dan lima ekor betina, dimana dua diantaranya anak Harimau Sumatera yang baru lahir,” terangnya.

Sementara itu, Dokter hewan di TMSBK Bukittinggi, Rizka Musnandar mengatakan, sepasang anak harimau itu dibiarkan bersama dengan induk betina selama masa menyusui.

Rizka Musnandar menambahkan, untuk kondisi induk betina dan anaknya dalan kondisi sehat pasca melahirkan, karena saat ini induk betina Dara Jingga masih dalam usia produktif. (eds)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama