RTH Logas, “Magnet” Baru Kabupaten Sijunjung


MUARO SIJUNJUNG, MJ News. Masyarakat Kabupaten Sijunjung terlihat bahagia dengan kehadiran Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas, Muaro Sijunjung, yang resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Sijunjung, Yuswir Arifin, Jumat (31/1/2020).

RTH Logas yang berada di depan Lapangan Sepakbola M. Yamin itu dibangun dengan APBD 2019 sebesar Rp6.190.393.000 yang dikerjakan oleh kontraktor PT Citra Laksana Mandiri. Masa pekerjaannya 113 hari kalender, dari 10 September 2019 - 31 Desember 2019.

RTH ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang di antaranya panggung pertunjukan, tugu Lansek Manih, pohon lampu, pendestrian, fitness outdoor, high mast, taman lampu, taman bunga, toilet, dan air mancur menari warna-warni diiringi musik sebagai daya tarik utama.


Menurut Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin Datuk Indo Marajo, RTH Logas dengan luas total 7.6000 meter persegi tersebut merupakan taman kota dan ruang publik, dibagi dua lokasi yang dipisahkan Jalan M. Yamin.

Yuswir berharap RTH Logas yang dilengkapi air mancur menari warna-warni yang terlihat indah di malam hari itu bisa jadi ruang publik yang nyaman dan menunjang berbagai aktivitas masyarakat.

Selain itu dia berharap, RTH Logas itu juga dapat dimanfaatkan untuk pertunjukan seni daerah seperti randai, silek dan sebagainya.

“Kita akan jadwalkan setiap minggu yang tentunya dikoordinasikan dengan panitia,” katanya.

Yuswir Arifin berharap, selain memanfaatkannya, masyarakat juga dapat bersama-sama menjaga RTH ini dan tidak merusak, sehingga tetap nyaman digunakan.


MENYEDOT PERHATIAN

Pembangunan RTH Logas ini ternyata menyedot perhatian publik pada Soft Opening RTH Logas yang dilengkapi air mancur menari itu, Jumat 31 Januari 2020 lalu. Saat itu ribuan warga yang tumpah di pusat ibukota Kabupaten Sijunjung tampak terpukau menyaksikan maha karya dari Pemkab Sijunjung dibawa pimpinan Bupati Yuswir Arifin Datuk Indo Marajo itu.

"Ini keberhasilan dan kesuksesan kita bersama. Untuk itu mari kita jaga bersama RTH Muaro Sijunjung ini. RTH yang dilengkapi air mancur menari dan taman bunga hias serta lambang lansek ini, adalah salahsatu penunjang objek wisata Geopark Silokek dan Perkampungan Adat di Ranah Sijunjung," ucap Yuswir Arifin di hadapan ribuan warga Sijunjung dan masyarakat dari luar Kabupaten Sijunjung yang pada kesempatan itu hadir menyaksikan.

Kepala Dinas PUPR Sijunjung, Ir Budi Syafarman menyebutkan, pembangunan RTH Muaro Sijunjung itu dilaksanakan beberapa tahap. (eds)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama