Sosialisasi Pembangunan Jaringan DI. Kawasan Sawah Laweh Tarusan Paket II dan Paket III Lanjutan


PAINAN, MJ News - Pasca tanda tangan kontrak di pertengahan Januari 2020 lalu, PPK Irigasi Rawa II SNVT PJPA IAKR, Adi Putra, ST, MT bersama tim tak mau berlama-lama dan segera melakukan sosialisasi atas paket pembangunan Jaringan DI. Kawasan Sawah Laweh Tarusan di Kabupaten Pesisir Selatan untuk Paket II dan III TA.2020 . Masa kontrak selama 300 hari ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya mengawali pekerjaan di Tahun 2020. Sosialisasi dilakukan di Aula Kantor Camat Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Sosialisasi yang dilakukan pada Senin (03/02/2020) melibatkan perwakilan kepala kampung, Kerapatan Adat Nagari (KAN), Badan Musyawarah tiap tiap nagari, perangkat nagari dan wali nagari di lokasi- loksi pekerjaan pembangunan Jaringan Irigasi nantinya. Adapun nagari yang termasuk dalam lokasi pekerjaan pada Paket II adalah Duku Utara, Duku, Batu Hampa, Batu Hampa Selatan, Nanggalo, Setara Nanggalo, Kapuh, dan Kapuh Utara. Sementara untuk Paket III hanya di nagari Duku dan Duku Utara.

Dibuka langsung oleh Camat Koto XI Tarusan, Denny Anggara, S.STP, M.Ec. Dev, menyampaikan ucapan terimakasih kepada BWS Sumatera V atas perhatian dan pekerjaan yang dilakukan diwilayahnya.

"Antusiasme kehadiran Bapak dan Ibu Kepala Kampung, Pemuda, KAN , dan Bamus menjadi penanda bagi kami untuk berharap kita semua dapat bersama sama mendukung pengerjaan jaringan irigasi pada paket II dan III. Karena kepala kampung dan semua yang hadir adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, menjadi perpanjangan tangan untuk mensukseskan pekerjaan jaringan di DI. Batang Tarusan".

DI. Sawah Laweh yang merupakan areal irigasi dengan sistem pompanisasi yang dibangun pada tahun 1982 memiliki luas potensial 2.023 hektare. Setelah pembangunan bendung Batang Tarusan di Tahun 2017 selesai, pekerjaan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi berupa saluran induk, saluran sekunder, dan bangunan irigasi lainnya yang masih berlangsung hingga saat ini. Pada pembangunan jaringan DI. Sawah Laweh paket II - lanjutan akan dilakukan pengerjaan saluran sekunder sepanjang 14.230 meter dan saluran primer sepanjang 2900 meter.

Sementara itu, pada pembangunan jaringan DI. Sawah Laweh paket III - lanjutan akan dilakukan pengerjaan untuk dua buah talang di sepanjang saluran induk Koto Panjang.

PPK Irigasi Rawa II, Adi dalam sosialisasi menyampaikan bahwa, tanah yang sudah dilakukan pembebasan di tahun 2018 akan dikerjakan pelaksanaan fisiknya pada tahun ini.

"Terimakasih dukungan Camat dan semua elemen yang hadir, tanpa adanya kerja sama semua pihak tidak mungkin kegiatan pekerjaan ini dapat dilaksanakan" tambah Adi. (rel)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama