UNP Mulai Buka Calon Rektor Periode 2020-2024

loading...


PADANG, MJ News - Universitas Negeri Padang (UNP) resmi membuka pendaftaran calon rektor perguruan tinggi tersebut untuk periode 2020-2024. Calon yang disebut-sebut punya peluang besar yaitu, Prof . Ganefri dan Prof. Syahrial Bakhtiar, M.Pd keduanya adalah tokoh yang membesarkan UNP.

Ketua Senat UNP, Z Mawardi Effendi mengatakan proses seleksi rektor UNP periode 2020-2024 akan melewati beberapa tahapan, dimulai dengan pendaftaran pada 23 Januari sebelum dilantik pada 19 Juli mendatang. “Tahapannya dimu-lai pada 23 Januari dengan sosiali-sasi dan pendaftaran bakal calon rektor,” katanya, Minggu (27/1/2020).

Adapun, tahapannya adalah sosialisasi dan proses pendaftaran bakal calon rektor dari 23 Januari hingga 8 Februari 2020. Kemudian, verifikasi berkas bakal calon pada 11-13 Februari, dan pengumuman nama-nama bakal calon yang memenuhi syarat oleh senat universitas pada 14 Februari.

Selanjutnya, penyerangan platform (visi misi) bakal calon rektor paling lambang pada 24 Februari, dan penyampaian platform serta dialog interaktif dalam rapat senat terbuka pada 26 Februari. Hari itu juga, senat akan memilih 3 orang calon rektor dari sejumlah nama yang mengajukan diri untuk kemudian diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada 27-28 Februari penyerahan tiga nama calon hasil seleksi senat universitas ke menteri, untuk kemudian dipilih kembali oleh senat bersama menteri

Kemudian, pemilihan rektor UNP periode 2020-2024 oleh senat universitas bersama menteri pada 12 Maret 2020. Pada 16 Maret, penyerahan hasil pemilihan rektor kepada menteri, dan terakhir dijadwalkan pada 19 Juli pelantikan rektor terpilih periode 2020-2024.

“Sesuai Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti), proses pemilihan rektor harus dilakukan paling lambat lima bulan sebelum berakhirnya jabatan rektor,” kata Mawardi Effendi.

Siapa saja yang berminat jadi rektor terbuka lebar, sepanjang memenuhi syarat yang berlaku. Ia menyebutkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pemilihan rektor yang dimulai pada 23 Januari 2020 lalu, selain itu masih ada tiga tahapan lainnya yang harus dilaksanakan yakni penyaringan, pemilihan dan pengangkatan oleh menteri.

Mawardi Effendi juga menambahkan, semua persyaratan dan teknis kegiatan pemilihan dapat diunduh di laman website universitas www.unp.ac.id. dilaman tersebut bakal calon juga bisa melihat jadwal dan tahapan yang akan dilalui.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Syahril mengatakan pendaftaran dan penerimaan berkas bakal calon paling lambat diterima panitia pada 10 Februari 2020 pukul 14.00 WIB, selanjutnya panitia akan melakukan verifikasi.

“Semua persyaratan dan form bakal calon tinggal mengunduh dan mengisi saja lewat website. Minimal ada empat bakal calon yang mendaftar, jika tidak pendaftaran akan kembali kami perpanjang,” katanya. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama