Zofrawandi Kembali Pimpin Nagari Indudur

loading...


KOTO BARU, MJ News. Tokoh Nasional Perhutanan Sosial tahun 2019, Zofrawandi kembali dipercaya menjadi Wali Nagari Indudur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok periode 2020-2026.

Bagi Zofrawandi, ini adalah kali ke tiga memimpin nagari Indudur, menyusul kemenangan mutlak 80 persen dalan Pilwana Serentak Kabupaten Solok yang berlangsung tanggal 28 November 2019.

Kepastian suami Ny. Agustina Seminarty itu menjadi wali nagari Indudur setelah menjalani prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan bupati Solok H. Gusmal, bersamaan pelantikan 54 wali nagari lainnya di Sport Hall Batubatupang Koto Baru, Senin (21/1/2020).

“Alhamdulillah, kami mendapat amanah kembali menjadi wali nagari Indudur. Mudah-mudahan saya mampu melaksanakan dengan baik untuk kemajuan nagari Indudur,” ujar Zofrawandi selepas pelantikan.

Zofrawandi sendiri belum tahu kapan dilaksanakan serah terima jabatan dengan penjabat wali nagari Indudur sekarang. Namun yang pasti, tokoh muda Indudur yang penuh inovasi itu dipandang mampu menggerakkan potensi kearifan lokal, dengan menerbitkan Peraturan Nagari (Perna) yang mengatur tentang Lingkungan dan peningkatan Ekonomi.

“Kita selalu mengedepankan sinergitas dengan anggota BMN (Badan Musyawarah Nagari), ninik mamak dan kalangan pemuda untuk pembangunan,” jelasnya tentang kiat mengelola pemerintahan nagari.

Zofrawandi menyebutkan, semua kegiatan pembangunan dan aktivitas nagari akan dipublis.” Biar semua orang bisa lihat kegiatan pemerintah untuk mengukur kinerja pemerintahan nagari.

“Seperti pesan pak Bupati, Kita selalu mengedepankan transparansi dan akuntabelitas dalam membangun nagari,” jelas Wali Nagari tiga periode ini.

Sepanjang pengabdiannya dua periode menjadi wali nagari, sekurangnya sudah 20 Perna yang diterbitkan di nagari Indudur, 13 Perna diantaranya yang mengatur Lingkungan dan Peningkatan Ekonomi.

Zofrawandi yang pernah diundang ke Istana Negara semasa Presiden SBY, merupakan bentuk keberhasilannya menjadi Juara III Nasional Wali Nagari Peduli Kehutanan tahun 2010. Ia dinilai berhasil karena ada sekitar 6000 lebih perhutanan sosial di seluruh Indonesia, Nagari Indudur masuk dalam 61 nominasi dan akhirnya menjadi 9 besar.

“Dari situ saya kemudian dinobatkan sebagai Tokoh Nasional Perhutanan Sosial 2019,” jelasnya.

Terhadap presrasi prestasi yang diukir Zofrawandi itu, selain menambah kepercayaan masyarakat, juga menumbuhkan harapab bagi bupati Solok sendiri. H. Gusmal mengaku optimistis dengan kinerja dan kreatifitas Zofrawandi sebagai wali nagari Indudur.

“Pak wali Indudur ini sudah teruji. Banyak kemajuan nagari Indudur di bawah kepemimpinan beliau,” ujar Gusmal.

Selain itu, bupati Gusmal menginstruksika kepada camat di daerah masing-masing agar segera melakukan serah teroma jabatan sehingga wali nagari yang baru dilantik segera dapat bekerja.

“Kita cuma menitip pesan kepada wali nagari yang baru agar bekerja sesuai aturan perundang-undangan. Jangan sampai salah kaprah dalam pengelolaan keuangan nagari yang nilainya cukup besar,” pesan Gusmal. (*/sp)


Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin disambut Wali Nagari Indudur, Zofrawandi. (ist)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama