1.823 Warga Riau Berstatus ODP Covid-19

loading...

Melihat pembuatan alat tes virus corona di China. (ist)

PEKANBARU, MJ News - Kepala Kominfo Pemprov Riau, Chairul Riski mengatakan, tercatat sebanyak 1,823 warga Riau masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (OPD) Virus Corona atau Covid-19 pada Selasa (24/3/2020).

"Jumlah ODP terus meningkat. Benar, jumlahnya mencapai 1.823 orang," katanya.

Sementara berdasarkan pantauan merdeka.com melalui situs resmi Pemprov Riau Corona.riau.go.id, terdapat 4 orang yang sudah dinyatakan selesai dalam pemantauan.

Sedangkan dari 1.819 OPD, terdapat 55 diantaranya masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dan, ada 42 pasien masih menjalani perawatan.

Untuk pasien yang dinyatakan negatif terpapar Corona ada 15 orang. Dari jumlah itu, 13 diantaranya sudah diperbolehkan pulang kekediamannya masing-masing.

Selanjutnya, sampai saat ini pasien yang dinyatakan positif oleh pemerintah Riau hanya satu orang. Dimana pasien ini terindikasi terjangkit virus mematikan itu setelah menghadiri acara Tabligh Akbar di Malaysia beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah telah menunjuk 44 rumah sakit sebagai rujukan penanganan Virus Corona ini. Dari jumlah itu ada sekitar 111 ruang isolasi yang telah disiapkan.

Tak hanya sampai di situ, saat ini Pemprov Riau juga tengah siapkan tiga lokasi fasilitas tambahan untuk penanganan kasus ini. Diantaranya yakni Asrama Haji, Balai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Riau, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi.

Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan, tiga lokasi itu disiapkan untuk memaksimalkan penanganan pasien terpapar virus yang awalnya mewabah di Wuhan, China itu.

"Ini berdasarkan instruksi dari Menteri Dalam Negeri untuk memberdayakan semua balai diklat sebagai tempat perawatan pasien yang terkena wabah virus Corona,” tutupnya. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama