600 Siswa SD/MI Berlaga di OSN Tingkat Padang

loading...

Kepala Dinas Pendidikan Habibul Fuadi membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/MI tingkat kota yang dilaksanakan di SMP 7 Padang, Kamis (12/3/2020). (ist)

PADANG, MJ News - Sebanyak 600 orang perwakilan siswa SD/MI berlaga dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kota yang dipusatkan di SMP 7 Padang, Kamis (12/3/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Habibul Fuadi didampingi Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Syafrizal Syair usai membuka kegiatan tersebut kepada Singgalang mengatakan, OSN tingkat SD/MI merupakan salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa.

Pelaksanaan OSN SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran, sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif.

Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap, dan budi pekerti.

Disebutkannya, OSN ini tak hanya memotivasi para peserta didik namun juga guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik.

Lebih jauh disebutkan, tujuan umum OSN SD diselenggarakan sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi.

Sedangkan tujuan khususnya, menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA. Sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.

Lalu, memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

Setelah itu, memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD/MI dan atau yang sederajat. Setelah itu, memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
Kemudian, memotivasi para pemangku kepentingan untuk mensosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Syafrizal Syair menjelaskan 10 peserta OSN SD/MI terbaik atau pemuncak dikarantina untuk persiapan mewakili Padang pada OSN SD/MI tingkat provinsi.
Dikatakannya, Padang selama ini cukup mendominasi sebagai pemuncak dalam OSN tingkat provinsi.

“Pada tahun lalu, salah seorang siswa SD Kota Padang yang mewakili Sumbar tingkat nasional berhasil meraih emas. Pada tahun ini ditargetkan bisa meraih dua mendali emas pada tingkat OSN Nasional,” imbuh Syafrizal. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama