Anggota Polsek Baso Ajak Petani Budidaya Tanam Bawang

loading...

Kapolsek Baso, IPTU, Yustian Syaiful melakukan dialog dengan anggota Kelompok Tani Sarumpun Bawang Koto Rapak Jorong Baso, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. (ist)

AGAM, MJ News - Anggota Polisi Sektor (Polsek) Baso, Polres Bukittinggi, Sumatera Barat giat mengayomi masyarakat tani mengembangkan usaha disektor pertanian bawang merah melalui wadah Kelompok Tani (Keltan) di Koto Rapak Jorong Baso Nagari Tabek Panjang.

Wakapolsek Baso, IPDA Syafrijon mengatakan hal tersebut pada pertemuan Kelompok Tani (Keltan) Sarumpun Bawang Koto Rapak Jorong Baso, Nagari Tabek Panjang, Kamis (19/3/2020).

Untuk menggerakkan masyarakat tani dalam membuka usaha tanam bawang merah itu, salah seorang anggota Polsek Baso, Aipda. Junaldi cukup aktif melakukan pembinaan terhadap petani bercocok tanam bawang merah, karena dia mempunyai pengalaman cukup bagus cara bertanam bawang merah.

“Aipda Junaldi itu tidak saja memberikan petunjuk tentang bercocok tanam bawang merah kepada petani. Tapi ia juga memiliki kebun bawang di daerah itu. Kami atas nama Wakapolsek Baso memberikan apresiasi kepadanya, sebab disamping sebagai anggota Polri ia tidak meninggalkan tugasnya dan dapat menyisihkan waktu untuk bergabung bersama masyarakat tani dalam upaya meningkatkan usaha disektor pertanian,” papar Ipda Syafrijon.

Wakil ketua Kelompok Tani (Keltan) Sarumpun Bawang Koto Rapak Baso, Ilham St. Batuah menjelaskan, berkat binaan serta arahan dari AIPDA Junaldi anggota Polsek Baso itu. Saat ini masyarakat tani di Koto Rapak sudah banyak beralih ke tanaman bawang merah, sebelumnya mereka bergerak di bidang usaha tanaman ubi jalar (kapelo) dan tanaman jagung.

“Kami atas nama pengurus kelompok tani Sarumpun Bawang Koto Rapak, mengucapkan terimakasih kepada anggota Polsek Baso yang telah memotivasi petani dalam peningkatan usaha tani. Terutama bercocok tanam bawang merah, sehingga anggota kelompok telah melakukan beberapa kali panen yang cukup memuaskan,” kata Ilham St. Batuah.

Aipda Junaldi anggota Polsek Baso yang merupakan Babinkamtibmas Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso itu cukup aktif mengayomi serta memberikan motivasi kepada petani dalam upaya peningkatan usahan dalam bercocok tanam bawang merah, sebelumnya dilaksanakan di Jorong Koto Gadang, Nagari Persiapan Koto Gadang.

“Kegiatan yang kita dilakukan tersebut, salah satu program pemberdayaan masyarakat kearah yang positif. Apalagi selaku Babinkamtibmas yang selalu berbaur dengan masyarakat mencoba memberikan motifasi kepada petani ke arah bercocok tanam bawang. Alhamdulillah program itu diterima masyarakat tani, sehingga terbentuk kelompok tani yang juga bekerjasama dengan petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),” jelas Aipda Junaldi. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama