Antisipasi Corona, Beberapa Polres di Sumbar Kompak Goro Bersih-bersih

Personil Polres Agam melakukan bersih bersih di lokasi kerja, seperti dilakukan di Mako Polsek Palembayan. (ist)

Agam, MJ News - Polres Agam melakukan bersih-bersih di lingkungan kerja dalam upaya memperkecil ruang penyebaran dari virus Corona.

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan, Senin (16/3/2020) menjelaskan, hal ini dalam menyikapi semakin merebaknya penyebaran virus Corona yang sudah meresahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia sudah menjadi momok yang menakutkan sehingga sudah banyak masyarakat yang mulai melakukan kegiatan yang tidak biasa dilakukan sebelum menjangkitnya virus Corona.

“Kegiatan yang tidak biasa tersebut seperti membeli bahan makanan yang berlebihan dan menimbun alat-alat kesehatan yang berlebihan," katanya.

Untuk menghindari terjadinya pihak Polri khususnya Polres Agam melakukan / mengajak masyarakat untuk mulai hidup bersih dengan cara membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal / tempat kerja, biasakan mencuci tangan lebih sering dan apabila kesehatan terganggu untuk segera memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan dan tidak lupa juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satu upaya yang sangat efektif dalam menjaga kebersihan diri adalah dengan beribadah, kegiatan ibadah shalat lima waktu.

“Sebelumnya kita harus mengambil wudhuk terlebih dahulu adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri kita masing-masing dan dapat melindungi diri dari penyebaran virus Corona," katanya.
Jajaran Polres Dharmasraya menyemprotkan disinfektan dan membersihkan areal Masjid Agung Babussallam di Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, Minggu (15/3/2020). (ist)

Goro Bersihkan Lingkungan, Pasar, dan Masjid

Sementara itu, jajaran kepolisian di Dharmasraya dan Padang Panjang juga melaksanakan gotong royong di lingkungan kantor mereka. Juga di pasar dan di tempat ibadah.

Di Dharmasraya misalnya, jajaran Kepolisian Resor Dharmasraya dan personil Polsek Pulau Punjung melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan selama dua hari berturut-turut. Pertama pada Sabtu (14/3), dilaksanakan di kawasan Pasar Baru, Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung. Kemudian dilanjutkan pada Minggu (15/3) di kawasan Masjid Agung Babussallam.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kanit Sabhara Polsek Pulau Punjung, Iptu Nasirman, Kanit Binmas Pulau Punjung Ipda Sri Raharjo, Kanit Provos Pulau Punjung Ipda Ali Sabri serta Bhabinkamtibmas IV Koto Pulau Punjung, Bripka Donald Ratmin. Namun menariknya, kegiatan itu tak hanya melibatkan personil polisi semata, tapi juga diikuti Camat Pulau Punjung Khairul, Walinagari IV Koto Pulau Punjung, Davit Iskan, SE., Dinas Kesehatan Dharmasraya, Kepala Jorong dan masyarakat Nagari IV Koto Pulau Punjung.

"Tujuan dari penyemprotan disinfektan ini untuk mencegah timbulnya Virus Corona di Dharmasraya. Sekaligus mengajak masyarakat melakukan pembersihan lingkungan dari sampah dan kotoran yang bisa mengakibatkan timbulnya suatu penyakit," ungkap Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayuda melalui Kapolsek Pulau Punjung, Iptu Syafrinaldi kepada Singgalang di sela-sela kegiatan tersebut.

Jajaran kepolisian, nagari, pemerintah daerah, masyarakat saling bahu membahu membersihkan lingkungan dan penyemprotan. Mereka tak sungkan memungut dan menyapu sampah serta tempat-tempat yang banyak terdapat kotoran. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut, berakhir pukul 11.00 WIB.


Jajaran Kepolisian Resor Padang Panjang melaksanakan gotong royong membersihkan kantor mereka demi menghindari merebaknya virus Corona. (ist)

Gelar Sosialisasi

Tak berbeda dengan Dharmasraya, kegiatan serupa juga dilaksanakan jajaran Polres Padang Panjang. Kegiatan tersebut langsung dipimpin, Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi yang didampingi seluruh kabag, kasat dan anggotanya. Mereka goro untuk membersihkan lingkungan kantornya pada Minggu (15/3) pagi. Hal itu dilakukan untuk mencegah menyebarnya virus corona.

"Untuk mencegah menyebarnya virus corona, kita dianjurkan menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan diri dan rajin berolahraga. Untuk itulah pagi kemarin (Minggu, 15/3-Red) kami goro bersama, supaya lingkungan bersih," kata Kapolres AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kasubag Humas AKP Witrizawati, Senin (16/3/2020).

Selain lingkungan kantor, lanjut Witrizawati, mereka juga gotong royong di lingkungan asrama. Goro yang merupakan korve dari Kapolda juga dilakukan di seluruh polsek di wilayah hukum Polres Padang Panjang.

Pada apel pagi, Senin (16/3) di halaman polres setempat, juga dilaksanakan sosialisasi dari dokter Poliklinik Polres Padang Panjang tentang langkah-langkah antisipasi pencegahan Covid-19.

Dalam sosialisasi yang disampaikan dr.Fuadi Sazli, sejumlah langkah yang bisa dilakukan adalah mengukur suhu tubuh masing-masing individu, penyedian cairan antiseptik atau cuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik, menghindari salam kontak langsung dengan orang lain, mengurangi aktivitas di tempat umum, serta menggunakan tutup mulut pada saat bersin/batuk. (rel)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama