Bawaslu dan Kwarcab Pramuka Kota Solok Bentuk Saka Adhyasta Pemilu

loading...


KOTA SOLOK, MJ News - Bertempat di Kantor Bawaslu Kota Solok yang terletak di Jl. Imam Bonjol banda Panduang Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Selasa (25/2/2020), Bawaslu Kota Solok dan Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok adakan pertemuan dalam rangka pembentukan Satuan Karya Pramuka (SAKA ) Adhyasta Pemilu.

Pertemuan yang dihadiri langsung oleh Ka. Kwarcab Kak Reinier, ST.,MM didampingi oleh Waka Bina Muda Kak Ali Musber, Waka Bina Wasa Kak Iskandar serta Sekretaris cabang Kak Anasrul dan Kak Ramadhianty tiba di Kantor Bawaslu Kota Solok disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd bersama Rafiqul Amin dan Agustin Melta.

Pertemuan langsung dilanjutkan musyawarah tentang kerja sama Bawaslu dan Pramuka Kota Solok, Renier selaku Ka.kwarcab menyampaikan maksud kedatangan ke Bawaslu sesuai atas undangan dari Bawaslu dalam rencana menjalin kerja sama pembentukan Satuan Karya Pramuka dibawah asuhan Bawaslu yaitu Saka Adhyasta Pemilu.

“Saat ini Gerakan Pramuka memang sangat tepat dalam pembinaan generasi muda dan orang dewasa menjadi kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, menjunjung nilai – nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI serta mengamalkan pancasila,” ungkap Reinier.

Karena itu, lanjut dia, pramuka dapat dipercaya dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu serta pendidikan pemilih dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu yang merupaka tugas kita bersama dan semua pihak.

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd dalam penyampaiannya, kerjasama pengawasan partisipatif dengan Pramuka ini memang dilakukan dari tingkat pusat. Dengan begitu, Bawaslu kabupaten juga melakukan hal yang sama yakni bekerjasama dengan Pramuka dengan membentuk Saka Adhyasta Pemilu.

“Ini adalah sebuah ruang ekspresi bagi masyarakat, dalam segala bentuk pengawasan pemilu dan juga bertujuan memberikan ilmu dalam bidang kepengawasan kepemiluan bagi anggota Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif dan berguna, baik untuk dirinya sendiri maupun unutk masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Di samping itu, tambah dia, juga meningkatkan partisipasi pemuda dan masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan pemilu yang Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu dan memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu.

Pembentukan Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu Kota Solok dalam pertemuan itu kedua belah pihak telah sepakat untuk pembentukan Struktur yang terdiri dari Majelis Pembimbing dan Pimpinan Cabang Saka Adyhasta Pemilu Kota Solok dan secepatnya kan diadakan pelantikan, agar nantinya akan bisa diaplikasikan pada Pilkada Kota Solok tahun 2020. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama