Jalan Batusangkar - Ombilin Memprihatinkan


Batusangkar, MJ News - Kondisi jalan raya Batusangkar-Ombilin sepanjang 18 Km, mempriha tinkan. Pada sejumlah kawasan di sepanjangan jalan itu, jalan berlobang, bergelombang dan retak-retak. Sementara drainase tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Para pengendara harus ekstra hati-hati untuk menghindari jalan yang rusak itu.

Dari pengamatan pada Senin (23/3/2020), jalan yang rusak itu sudah seharusnya mendapat perhatian segera untuk diperbaiki pihak berwenang, sehingga tidak menimbulkan masalah bagi pengendara yang melintasi ruas jalan tersebut.

Ironisnya, kerusakan jalan itu malah dimanfaatkan sekelompok pemuda dengan meminta uang kepada pengendara yang melintasi jalan itu dengan dalih untuk perbaikan jalan yang rusak. Kondisi itu terlihat di jalan Bukit Sangok- Panti Nagari Rambatan.

Kepala Dinas PUPR Tanah Datar, Nofi Hendri yang dikonfirmasi Singgalang kemarin membenarkan, jalan provinsi sepanjang 18 kilometer sudah banyak mengalami kerusakan dan segera diperbaiki.

Untuk memperbaiki jalan Batusangkar-Ombilin itu, sebut Nofi Hendri yang akrab dipanggil Pak Hend, perbaikan jalan itu akan dilaksanakan sekitar April mendatang memanfaatkan dana APBD Sumbar sebesar Rp1,5 miliar.

“Dari Rp1,5 miliar itu, Rp1 miliar dimanfaatkan untuk over lay (pelapisan ulang) jalan dekat Pincuran VII dan Rp500 juta untuk menambal jalan-jalan berlubang. Saat ini sedang proses tender di Padang,” tukas Nofi Hendri.

Usai perbaikan dilaksanakan, ujar Pak Hend, untuk pengaspalan total jalan Batusangkar- Ombilin, pihaknya sudah mem buat usulan ke PUPR Sumbar dengan dana Rp10 miliar.

“Insya Allah, tahun 2021, perbaikan jalan Batusangkar-Ombilin bisa terealisasi dan akan tuntas diaspal,” pungkas Pak Hend. (*/eds)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama