Kabupaten Solok Selatan Makin Dekat dengan Bandara

loading...


PADANG ARO, MJ News - Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman mengatakan peningkatan jalan Taluak Aia Putih-Simpang PB melalui Tandai akan memajukan pariwisata kabupaten itu.

”Melalui jalan Tandai membuat akses Solok Selatan ke bandara Muaro Bungo semakin dekat sehingga memudahkan wisatawan yang akan berkunjung dan saya yakin pariwisata akan terus berkembang dan maju,” katanya usai penandatanganan MoU peningkatan jalan Taluak Aia Putih-Simpang PB dengan TNKS di Padang Aro, Rabu (4/3/2020).

Dia mengatakan jarak ibu kota Solok Selatan yaitu Padang Aro dengan bandara Muaro Bungo hanya 80 kilometer,jika jalannya bagus bisa ditempuh dengan waktu 90 menit.

Selama ini, katanya pariwisata Solok Selatan sulit bersaing dengan destinasi lainnya di Sumbar karena terlalu jauh dari bandara.

”Dengan akses jalan Tandai ini maka Solok Selatan semakin dekat dengan bandara sehingga industri pariwisata bisa bersaing dengan daerah lain,” ujarnya.

Dengam semakin majunya pariwisata maka akan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Pemerintah setempat, katanya sudah menyiapkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Camintoran, Goa Batu Kapal serta wisata budaya di kawasan Saribu Rumah Gadang.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat bersama Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) menandatangani nota kesepahaman untuk peningkatan jalan Tandai yang berada di zona khusus TNKS.

Kepala Balai Besar TNKS Tamen Sitorus mengatakan jalan ruas Taluak Aia Putiah-Simpang Pasar Besar melewati Tandai sepanjang 13,918 kilometer sekarang legalitas formalnya sudah terpenuhi semua dan bisa dikerjakan oleh pemerintah Solok Selatan untuk ditingkatkan dengan prinsip kehati-hatian.

”Peningkatan jalan Taluak Aia-Simpang Pasar Besar akan membuka keterisolasian antar desa bahkan antar Provinsi sehingga akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Dia mengingatkan dalam pengerjaan jalan dalam zona TNKS agar meningkatkan kehati-hatian terutama pihak kontraktor pelaksana sebab pengerjaan di dalam kawasan dengan lokasi lain sangat berbeda. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama