Lagi, Ampek Nagari Dilanda Banjir Bandang

loading...

Ketua DPRD Kabupaten Agam meninjau banjir bandang di Nagari Batu Kambing, beberapa waktu lalu. (ist)

Agam, MJ News - Dipicu kondisi hujan yang terus menerus di Kecamatan Ampek Nagari, Kamis (19/3/2020) berdampak banjir bandang susulan terjadi di daerah tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Muhammad Lutfi menjelaskan, banjir bandang kembali terjadi di Nagari Batu Kambiang dan Nagari Sitalang Kecamatan Ampek Nagari, yang terjadi sekitar pukul, 15.00 WIB.

“Dampak yang ditimbulkan menggenangi pemukiman warga, dan lahan pertanian masyarakat setempat,” katanya.

Sesuai kondisi saat ini sebanyak dua unit rumah penduduk terendam air limpahan Batang Sitalang.

Adapun hal mendesak yang dilakukan dengan mengevakuasi penyelamatan masyarakat sekitar yang terdampak banjir bandang dan penyelamatan objek vital atau pemindahan barang-barang di rumah masyarakat, supaya tidak hanyut dibawa arus air jika air menyentuh rumah mereka.

“Dalam menyikapi hal ini, kita menghimbau kepada masyarakat setempat untuk menjauhi lokasi yang terdampak banjir bandang, sehingga dapat diminimalisir kerusakan dan kerugian yang lebih besar," katanya.

Selain itu di lokasi lain di Jorong Tamtaman Nagari Tigo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan terjadi tanah longsor dan berdampak tebing jalan longsor mengakibatkan badan jalan tertimbun tanah, dan hanya bisa di lewati kendaraan roda dua.

“Untuk saat ini kita terus melakukan koordinasi dengan pihak Jorong, Nagari dan Kecamatan untuk melakukan penyelamatan warga setempat,“ katanya. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama