Mahfud Md: Indonesia Masih Perlu Jutaan APD untuk Tangani Corona


mjnews.id - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan saat ini Indonesia sedang membutuhkan banyak alat pelindung diri (APD) untuk menangani virus Corona. Mahfud menyebut sudah ada 19 ribu stok APD, tapi dirasa masih kurang.

"(Stok APD) tidak mencukupi, kita memerlukan jutaan, bahkan atau sekurang-kurangnya ratusan ribu. Menurut rapat tadi, kalau diperkirakan secara pesimistis, misalnya situasi ini kan berlangsung sampai sekian bulan itu, kita memerlukan jutaan. Kemarin kita agak cemas juga karena kita kekurangan APD. Nah, sekarang pemerintah sudah mempunyai jalan," ujar Mahfud saat teleconference bersama wartawan, Jumat (27/3/2020).

Mahfud mengungkapkan ada beberapa rumah sakit yang tidak kebagian ventilator, sehingga banyak pasien Corona tidak bisa terselamatkan.

"Menurut catatan, memang yang gagal sembuh itu mereka yang tidak kebagian ventilator karena masih antre dan sebagainya, barangnya kurang. Nah, ini akan sedang kita datangkan," jelasnya,

Mahfud menyebut stok APD yang siap berasal dari dalam negeri dan sebagian dari luar negeri. Pemerintah akan berupaya melengkapi kebutuhan petugas medis yang menangani Corona.

"Pertama, ada APD yang diproduksi dari luar negeri. Dari dalam negeri, banyak yang sudah siap, dalam waktu dekat sudah mulai dan juga ada beberapa yang impor dari luar negeri untuk memenuhi keutuhan APD bagi petugas-petugas pelayanan medis, baik dokter maupun perawat dan lain-lain, itu sudah sekarang. Pemerintah baru saja rapat tadi seharian ini, dan semuanya sudah siap. Insyaallah dalam waktu yang nggak lama, bukan hanya APD, tapi ventilator juga," ujarnya. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama