Menteri Kesehatan Terawan ke 188 Kru Kapal World Dream

loading...

188 ABK World Dream Tiba Tanjung Priok dan disambut Menkes Terawan. (ist)

JAKARTA, MJ News - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan menyematkan duta imunitas corona kepada 188 WNI Kru Kapal World Dream usai menjalani masa karantina selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil.

"Saya sebutkan saudara-saudara semua sebagai duta-duta imunitas corona. Kalian telah berhasil melawan masa-masa sulit," tutur Terawan di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jalan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (14/3/2020).

Menurut Terawan, para ABK berada dalam satu kapal dengan delapan penderita positif virus corona yang diturunkan di Tiongkok. Meski begitu, ratusan orang tersebut bertahan dan sehat hingga selesai masa karantina.

"Kalau saudara-saudara bisa meningkatkan imunitas terhadap corona, berarti kami pun bisa. Jadi kalau kalian bisa menjadi duta corona, kita pun bisa," jelas dia.

Terawan meminta para ABK sekembalinya ke kediaman masing-masing untuk menyampaikan cara tepat menjaga imunitas tubuh kepada warga di lingkungannya.

"Nanti ketika bertemu keluarga, teman-teman, berikan tips menghadapi corona dengan baik," kata Terawan seperti ditulis merdeka.com.

Terawan kemudian memberikan sertifikat sehat dan bebas virus corona kepada 188 ABK melalui perwakilan yang ditunjuk.

Pemerintah Siapkan 5 Bus Antar Pulang 188 ABK World Dream

Sebanyak 5 armada bus disiapkan pemerintah untuk mengantar kepulangan 188 WNI kru Kapal World Dream ke kampung halamannya masing-masing. Pantauan Liputan6.com di lokasi ratusan ABK tersebut mulai memindahkan barang bawaannya dari KRI Semarang-594 ke bus tumpangannya sekitar pukul 12.30 WIB.

Mereka juga telah menerima sertifikat sehat dan bebas virus corona dari Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menyampaikan, pihaknya menyerahkan penuh penulangan ABK kepada Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

"Dengan resmi saya serahkan penanganan 188 personel yang eks observasi dalam keadaan sehat walafiat kepada Menko PMK atau yang mewakil," kata Yudo di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jalan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama