Tempat Wisata Ditutup, Gubernur Anies Diminta Perhatikan Nasib UMKM

loading...

Ancol.

JAKARTA, MJ News - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membantu pelaku usaha UMKM yang terpaksa libur hingga beberapa hari ke depan akibat adanya penutupan tempat wisata. Adapun penutupan dilakukan untuk mengantisipasi perluasan penyebaran Virus Corona.

"Pengaruhnya pasti ada, nah itu kan pasti UMKM juga ada jualan di situ, itu pasti akan menurun juga," kata ketua Kadin Rosan Roeslani di sebuah kedai kopi ternama daerah Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Rosan belum merinci secara detail mengenai kebijakan yang dapat diterapkan oleh Pemprov DKI. Namun penguatan UMKM yang merupakan penggerak roda ekonomi harus menjadi perhatian besar.

"Jadi, penguatan UMKM menurut saya juga sangat penting dilakukan," kata Rosan seperti ditulis merdeka.com.

Destinasi Wisata Ditutup 2 Minggu

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, car free day juga ditiadakan dalam dua pekan ke depan. "Semua destinasi wisata dan tempat hiburan milik Pemprov DKI Jakarta akan ditutup selama dua minggu ke depan. Transportasi umum tetap berjalan, HBKB atau CFD ditiadakan dua minggu ke depan. Itu artinya, Ancol tutup, Ragunan tutup, Monas tutup, museum yang dipegang oleh DKI tutup," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Menurut dia, penutupan ini bertujuan untuk meminimalkan kegiatan warga di ruang terbuka yang penuh dengan orang untuk mencegah penyebaran virus Corona. Namun, dia mengatakan, pelayanan ke masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Kelurahan, kecamatan, kantor wali kota, balai kota puskesmas berjalan seperti biasa.

"Lalu kita juga sudah menyiapkan protokol untuk acara-acara di perkantoran, di perumahan, kegiatan-kegiatan ibadah keagamaan, kami siapkan, akan kami siarkan kepada seluruh masyarakat," kata Anies soal pencegahan Virus Corona. (*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama