Semua Kedatangan di BIM Harus Lewati Thermal Scanner dan Thermal Gun

loading...

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mencoba menggunakan thermal gun pada kedatangan domestik di BIM, Senin (16/3/2020). (ist)

Padang, MJ News - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mulai memberlakukan pengecekan terhadap suhu tubuh seluruh kedatangan. Langkah itu guna mengantisipasi masuknya Corona ke Sumbar.

"Mulai hari ini kita sudah tempatkan thermal scanner dan thermal gun diseluruh kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau,"sebut Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang melakukan pemantaua penggunaan Thermal Scanner dan Thermal Gun di BIM, Senin (16/3/2020).

Dikatakannya penempatan itu guna memantau semua kedatangan, baik domestik apalagi internasional. Setelah itu akan cek, kewaspadaan dalam rangka menangkal, mudahan tidak ada yang kena virus Corona.

Penumpang juga diharapkan untuk bersedia untuk diperiksa suhu tubuhnya. Karena demi keamanan masyarakat Sumbar.
Untuk mendukung kebijakan tersebut, Pemprov Sumbar melibatkan 16 orang anggota Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Sumbar. Tugasnya hanya membantu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang akan menindaklanjuti.

"Seperti tadi pagi. Ada satu orang mengalami masalah kesehatan, suhu tubuh tinggi setelah menjalani penerbangan dari Malaysia. Maka KKP yang melakukan tindakan, apa harus dirujuk ke RS M.Djamil,"sebutnya.

Petugas Satpol PP tersebut sebelumnya juga dilatih oleh pihak pengelola bandara. Namun, jika ada tindakan medis, maka KKP yang akan menindaklanjuti.

"Dengan itu, semua masyarakat yang masuk ke BIM terpantau. Termasuk domestik, apalagi untuk penerbangan internasional. Jangan sampai lengah, ini antisipasi," pungkasnya. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama