Walikota Deri Asta Menyabit Padi Bersama Petani


SAWAHLUNTO, MJ News - Cara Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam menjemput aspirasi masyarakat patut diapresiasi. Hal ini terlihat saat walikota ikut menyabit padi bersama petani di sawah Dusun Sago Desa Talawi Mudik kecamatan Talawi, Minggu (8/3/2020) lalu.

Kegiatan ‘manyabik’ bersama para petani di sawah menjadi salah satu cara Walikota Deri Asta untuk menjemput aspirasi para petani tersebut. Dengan mengunjungi langsung para petani di sawah ini, tak hanya mendengar laporan dari petani, Walikota Deri Asta juga bisa meninjau langsung kondisi yang dilaporkan mereka itu.

Kedatangan Walikota Deri Asta ke Kelompok Tani Hamparan Datar membuat para anggota kelompok terkejut. Mereka tidak mengira akan dikunjungi oleh orang nomor satu di Kota Arang ini. Langsung saja kedatangan walikota mereka sambut dengan suka cita.

Ayah tiga orang anak ini langsung terjun kesawah ikut menyabit padi yang siap dipanen bersama para petani kelompok tani hamparan datar. Belasan anggota kelompok tani Hamparan Datar makin bersemangat memanen padi mereka disebabkan ikutnya walikota yang mereka senangi.

Usai menyabit, Walikota menerima berbagai laporan dan aspirasi bak beruntun disampaikan para petani tersebut. Tak hanya urusan pertanian, beberapa juga bertanya dan memberikan saran terkait urusan pemerintahan.

Semakin lama perbincangan semakin akrab dan hangat saat momen makan bersama saat istirahat ‘manyabik’ itu. Selesai menikmati gulai ikan dan gulai jengkol, percakapan makin berwarna dengan diselingi canda tawa.

Afrizal, salah seorang anggota Kelompok Tani Hamparan Datar, menyebut bahwa dirinya bersama teman - temannya sangat senang dan bangga Walikota Deri Asta bersedia mengunjungi mereka langsung ke tengah sawah. Dengan kunjungan itu kata Afrizal, Walikota bisa mendapat informasi lebih lengkap daripada sekedar menerima laporan di kantor saja.

“Dikunjungi pak Wali untuk berbincang – bincang yang kami harapkan selama ini terwujud sudah. Di tengah sawah ini juga banyak yang teringat oleh kami untuk disampaikan, lancar juga mengatakannya, tapi kalau bertemu dengan pak Wali di kantor atau di rumah maka kami rasanya tidak akan selancar dan seakrab ini mengobrol dengan beliau,” ungkap Afrizal.

Walikota Deri Asta mengatakan , mengunjungi masyarakat langsung di tempat aktifitas mereka itu memang sedang digiatkan. Hal ini untuk mendapatkan secara langsung keluhan maupun harapan masyarakat.

“Kita ingin langsung ke tengah-tengah masyarakat, saya mengekspose kinerja dan program Pemerintah Kota (Pemkot) kemudian masyarakat menyampaikan aspirasi, ada yang bertanya ada yang menyampaikan usulannya. Ini menciptakan komunikasi dua arah sehingga sinergi Pemko - masyarakat dapat lebih baik,” ujar Walikota Deri Asta.

Walikota menjelaskan, sektor pertanian, memang termasuk dalam program unggulan terjemahan dari visi - misi Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto. Sejumlah program andalan Pemko di bidang pertanian ini antara lain ; pemberian bantuan bibit tanaman dan hewan ternak untuk masyarakat dan kelompok tani.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh walikota Deri Asta. Pada minggu sebelumnya mengunjungi Kelompok Tani Harapan Bersama di Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin. (rel)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama