Antisipasi Kerentanan Sosial Akibat Covid-19, APBD Kota Solok Digeser Rp40 Miliar

loading...

Ketua Komisi II DPRD Kota Solok, Yoserizal atas nama pemko menyerahkan bantuan beras dan uang kepada warga Tanah Garam untuk tanggulangi kerentanan sosial warga terdampak Covid-19. (ist)

mjnews.id - Guna menghambat laju penyebaran Covid-19 dan mengantisipasi akan terjadinya kerentanan sosial masyarakat terkait instruksi physical distancing atau lebih banyak di rumah saja, maka APBD Kota Solok Tahun Anggaran 2020 digeser sebesar Rp40 miliar, untuk bantuan beras dan uang belanja rumah tangga. Ini tahap pertama dan sudah mulai dibagikan.

Implementasi atas pergeseran APBD ini, mulai dinikamti warga Kota Solok sejak, Kamis (8/4/2020) lalu, dengan menerima pembagian beras sebanyak 25 Kg dan uang sebesar Rp250.000 per Kepala Keluarga (KK).

Bantuan pemko ini dibagi-bagikan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Efriyon Coneng dan Ketua Komisi II, Yoserizal di Kecamatan Lubuk Sikarah.

Sementara di lapangan bantuan tahap pertama diawali untuk Kelurahan Tanah Garam, yang diterima Andri, Ketua RT 03/RW 01 dari Ketua Komisi II Yoserizal di hadapan Lurah Asril. Kemudian tim berlanjut ke Kelurahahan KTK, dan H. Syahril Tanra selaku Ketua RW 01, H. Syahril Tandra bersama Rafles Belgianto, Ketua RT 03/RW 01 pun menerima dari Wakil Ketua DPRD, Efriyon Coneng.

Setelah itu bantuan diserahkan untuk warga Kelurahan Tanjung Paku dan Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan.

Sebelum penyerahan bantuan itu, Wakil Ketua DPRD Efriyon Coneng mengatakan, bantuan berasal dari Pemerintah Kota Solok terkait dengan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dan pengantisipasi kerentanan sosial yang bakal terjadi.

Besar harapan Pemerintah Kota Solok dan DPRD, masyarakat untuk mentaati imbauan untuk pola hidup bersih. Mencuci tangan dengan sabun, pakai masker ke luar rumah, menghindari bakumpua-kumpua (keramaian), dan penerapan physical distancing (jaga jarak).

“Pemerintah memahami terutama bagi masyarakat yang memiliki status pekerjaan informal yang sumber pemasukan ekonominya didapat sehari-hari dan tidak memiliki gaji pokok tetap (seperti pedagang, buruh, tukang ojek serta lainnya), akan cepat terdampak. Makanya, dengan secepatnya dibagi-bagikan bantuan ini,” katanya.

Penyerahan bantuan tahap pertama ini untuk wilayah Kelurahan Lubuk Sikarah adalah Kelurahan Tanah Garam dan Kelurahan KTK. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Tanjung Harapan, Kelurahan Tanjung Paku dan Kelurahan Nan Balimo.

Yoserizal sebelum membagi-bagikan bantuan di Kelurahan Tanah Garam juga menyampaikan hal yang sama. Hadir dalam penyerahan bantaun itu Pejabat Sekdako Solok, Nova Elfino, Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan, Jefrizal, Kepala Dinas Sosial, H. Zulfafdli, Camat Lubuk Sikarah, Nov ri Apririlizen.

Kemudian terlihat anggota DPRD, Ramadhani Kirana Putra, Rusdi Saleh, Taufik Nizam, Harizal, Deni Nofri Pudung, Wazadly, Ade Surya Darma, Adi Eka Putra, Ade Merta, Leo Murphy dan Irwan Sari In, Ketua dan Sekretaris PWI Kota Solok, serta lainnya. (hms)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama