Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Nagari di Dharmasraya Banjir

Curah hujan yang tinggi menyebabkan dua nagari di Kecamatan IX Koto banjir yang menutupi salah satu ruas jalan utama di kenagarian tersebut. (ist)

mjnews.id - Musibah Corona belum lagi hilang, kini sejumlah nagari dihadapkan oleh musibah banjir. Tingginya curah hujan sejak Senin (13/4/2020) malam hingga Selasa (14/4/2020) dinihari membuat sejumlah jalan dan rumah di Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat malah dilanda banjir.

"Di nagari kita ada empat titik ruas jalan poros yang terendam banjir, yakni tiga titik jalan poros Jorong Pulau Anjolai serta satu titik ruas jalan di Jorong Lubuak Mansagu," ungkap Walinagari IV Koto Dibawah, Aidil Fitri, Selasa (14/4/2020) sembari menambahkan, banjir ini kiriman dari nagari tetangga, Nagari Banai.

Ia mengatakan, saat ini, kondisi banjir yang melanda Nagari IV Koto Dibawah, sudah mulai surut dan masyarakat sudah bisa melintas di jalan tersebut.

"Alhamdulillah, di nagari kita banjirnya sudah surut dan masyarakat sudah mulai beraktivitas," terang Aidil.

Sementara itu Walinagari Banai, Randi saat dihubungi terkait kondisi banjir mengatakan, di wilayah yang ia pimpin, ada delapan unit rumah warga direndam banjir.

"Kedalaman air di delapan unit rumah ini, setinggi pinggang orang dewasa," terang Randi.

Dikatakannya, selain merendam delapan unit rumah, derasnya air juga merobohkan satu tembok penahan air di Masjid Tua Nagari Banai yang mengakibatkan masuknya air ke pekarangan masjid.

"Satu unit motor milik warga juga hanyut terbawa derasnya arus sungai," katanya.

Selain itu, banjir karena lupan air sungai Batang Lago itu, juga menghanyutkan dua hektare padi warga yang telah disabit.

"Puluhan masyarakat merugi akibat banjir ini, karena padi yang telah disabit itu terbawa arus sungai," katanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dharmasraya, Eldison mengatakan, hingga kini baru di dapat data dari Kecamatan IX Koto, sedangkan dari kecamatan lain belum.

"Data lengkap belum kita dapat, tapi yang jelas, banjir akibat curah hujan itu melanda dua Nagari di Kecamatan IX Koto," pungkasnya. (*/eds)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama