Dokter Lila Yanwar: Yakinlah Kita Bisa Sembuh!

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar, dr. Lila Yanwar
dr. Lila Yanwar.

mjnews.id - Melalui sambungan video jarak jauh, seorang pasien Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) berbagi pengalaman. Dia, adalah Lila Yanwar, seorang dokter umum yang divonis positif terjangkit virus corona pada pertengahan Maret 2020.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan di Dinas Kesehatan Sumbar ini menceritakan bagaimana awal virus Corona tersebut menyerangnya. Dia merasakan tidak enak badan sepulang dari Jakarta.

Selanjutnya dia memeriksakan diri dan cek suhu badan, hasilnya 34 - 36 derajat celcius. Dengan hasil itu ia kemudian melakukan rapid test, hasilnya juga negatif.

Tak puas dengan hasil itu, ia pun melakukan tes PCR, hasilnya positif-negatif. Belum puas juga, dan khawatir akan kesehatannya, ia melakukan swab test, di situlah ia ditemukan hasilnya positif Covid-19

Mendapati itu, Lila langsung cemas, pikirannya campur aduk. Namun dia mencoba untuk tegar, sebab sebagai dokter umum dia mengetahui penurunan mental bisa berpengaruh kepada ketahanan tubuh.

“Sejak itu saya mengambil keputusan untuk langsung isolasi mandiri di rumah. Saya memisahkan diri dengan tinggal salah satu ruang (paviliun) depan rumah. Minum vitamin, makanan sehat, buah-buahan dan sayuran yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkapnya, Jumat (10/4/2020).

Kasusnya termasuk pasien positif Covid-19 kategori ringan. Makanya Lila memiliki isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Namun tetap dipantau oleh tim dokter.

Setelah ada hasil negatif dari swab dua kali tes laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Lila dinyatakan sembuh. Tapi tetap dalam pengawasan dokter dalam sepekan itu.

“Yang terpenting kita, biasakan dengan hidup sehat, makan makanan yang bergizi, olahraga untuk perkuat imun dan berjemur setiap pagi, mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00. Itu yang saya lakukan setiap hari,” jelasnya.

Lila juga berpesan kepada pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat maupun yang isolasi mandiri tetap semangat menjalani pengobatan dan isolasi. Ikuti semua saran dokter dalam masa perawatan.

“Yakinlah, kita bisa sembuh. Walaupun sampai saat ini virus corona belum ada obatnya, tapi virus tersebut bisa mati, jika sistem ketahanan tubuh meningkat,” ucapnya.

Dia berpesan, agar orang terpapar Covid-19, jangan takut untuk mengakuinya. Karena Covid-19 bukan penyakit yang memalukan. Jangan takut diisolasi, apapun itu. Mau itu isolasi rumah sakit atau isolasi diri di rumah, karena melakukan self care, sama dengan peduli lingkungan.

Gubernur Irwan Prayitno saat melakukan sambungan video jarak jauh dengan dokter Lila Yanwar
Gubernur Irwan Prayitno saat melakukan sambungan video jarak jauh dengan dokter Lila Yanwar, Jumat (10/4/2020). (ist)

Pengalaman itu disampaikannya melalui sambungan video jarak jauh bersama Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, bersama sejumlah wartawan. Dalam kesempatan itu Irwan berharap informasi kesembuhan tersebut menjadi motivasi bagi pasien terinfeksi lainnya untuk tetap semangat dan selalu waspada terhadap wabah covid-19 tersebut.

“Tips yang ibu berikan nanti bisa menjadi motivasi bagi pasien lain. Dengan pulihnya ibu, kami disini bisa beritahu kepada keluarga dan masyarakat lainnya bagaimana menghadapi Covid-19,” tuturnya.

Irwan juga sempat berbagi kabar dari keluarga pasien dr. Lila Yanwar.

“Bagaimana kabar keluarga Anak-anak ibu, apa sehat-sehat? Ibu harus tetap semangat, semoga keluarga tetap sehat dan salam ya untuk keluarga di rumah,” tutupnya.

Berdasarkan data hingga kemarin, pasien sembuh di Sumbar sudah mencapai enam orang atau bertambah dua orang dibandingkan sehari sebelumnya yang berjumlah empat orang.

Salah satunya pasien positif Covid-19 adalah tim gugus terdepan dari Dinas Kesehatan, Lila Yanwar yang pergi ke Jakarta untuk mengurus pengadaan alat perlindungan diri (APD) untuk Sumbar. (*/eds)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama