Masa Inkubasi Virus Corona di Indonesia Cuma 5-6 Hari

loading...

Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto
Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

mjnews.id - Jika umumnya masa inkubasi virus corona atau Covid-19 berkisar hingga 14 hari atau 2 minggu, namun tidak demikian di Indonesia. Masa inkubasi virus corona di Indonesia berkisar 5 hingga 6 hari.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menjelaskan, hal tersebut berdasarkan pada evaluasi data penambahan kasus pasien positif sebesar 219 kasus yang diumumkan sore hari kemarin.

“Beberapa hari lalu kita melakukan evaluasi kasus baru terkait penambahan kasus baru. Ada satu hal yang kita pahami bahwa Covid-19 memiliki masa inkubasi terlama secara ilmiah adalah 14 hari. Namun, data yang kita miliki, rata-rata inkubasi yang di negara kita pada kisaran 5-6 hari,” kata Yuri dalam press conference di BNPB Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Oleh karena itu, kata dia, gambaran penambahan kasus dari hari ke hari merepresentasikan yang terjadi pada 5-6 hari yang lalu.

“Artinya kasus positif yang kita dapatkan hari ini sebenarnya adalah kasus infeksi yang terjadi 5-6 hari yang lalu,” ucapnya sebagaimana dikutip VIVAnews.

Yuri melanjutkan, untuk menghentikan penyebaran virus corona ini, pemerintah sebenarnya telah memberlakukan gerakan physical distancing atau mengatur jarak untuk diterapkan oleh masyarakat. Namun, physical distancing yang terimplementasi dalam bentuk tetap di rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, hingga beribadah dari rumah ini tidak bisa dijalankan dengan baik, sehingga penularan masih terjadi. Ini terlihat dari penambahan kasus hari ini sebanyak 219 kasus.

Karena itu, pemerintah memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah secara berjenjang secara terstruktur, untuk mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran virus corona semakin meluas.

Yuri menjelaskan, hakikat dari penerapan PSBB adalah untuk menegaskan kembali pembatasan aktivitas sosial orang per orang yang sangat memungkinkan menimbulkan penularan.

“Mari patuhi bersama physical distancing. Untuk tetapkan PSBB ini, salah satu cara secara komitmen untuk melakukan physical distancing,” kata dia.

Hingga Jumat (10/4/2020), terdapat penambahan 219 kasus positif virus corona, sehingga total kasus positif corona di Indonesia mencapai 3.512 kasus. Sedangkan kasus pasien sembuh bertambah menjadi 30 orang dengan total 282 pasien. Kasus kematian akibat virus corona, hingga kemarin tercatat ada penambahan sebanyak 26 orang, sehingga total kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia sebanyak 306 pasien. (*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama