Gelar Donor Darah, Korem 032/Wirabraja Berbakti demi Kemanusiaan

loading...

Jajaran Korem 032/Wirabraja menggelar donor darah. Ini dilakukan salah satunya mengatasi kekurangan donor darah di PMI. (ist)

mjnews.id - Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja menggelar donor darah, Selasa (7/4/2020). Hal ini dalam rangka membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah sebagai akibat social distancing untuk menghadapi Pan demi Covid-19 di wilayah ini.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan, Korem 032/Wbr sejajaran selaku satuan yang terpusat bekerjasama dengan PMI menggelar kegiatan donor darah guna memenuhi kebutuhan darah akibat pandemi Covid-19, dimana masyarakat khususnya wilayah Sumatera Barat dianjurkan untuk melakukan social distancing dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah agar penyebaran virus tidak meluas.

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menjelaskan, selain melaksanakan donor darah, Korem 032/Wbr juga sudah melakukan berbagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mengatasi pandemi tersebut, diantaranya melaksanakan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer, pemberian multivitamin penambah imun di lingkungan internal sendiri maupun kepada masyarakat, turut serta membantu gugus tugas melakukan pemeriksaan kesehatan di perbatasan wilayah terhadap masyarakat yang datang dari luar daerah.

Jenderal bintang satu ini menambahkan Korem 032/Wbr terlibat langsung dalam pendistribusian logistik berupa Alat Pelindung Diri (APD) agar sampai ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan.

Pada kesempatan yang sama, dr. Kim, selaku dokter PMI Kota Padang menyampaikan, kegiatan ini dilakukan atas kerja sama PMI Kota Padang dengan Korem 032/Wbr sejajaran dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah. Tujuannya untuk membantu pasien yang menderita penyakit leukemia, sirosis, trombosit rendah dan apheresis dan bukan dikhususkan bagi penderita Covid-19.

Dia mengakui, menghadapi situasi dan kondisi saat ini dimana masyarakat sedang melakukan social distancing akibat dampak pandemi Covid-19, tidak ada orang yang mau mendonorkan darahnya ke PMI. "PMI membutuhkan stok darah setiap harinya sebanyak 200 kantong darah guna memenuhi kebutuhan rumah sakit yang berada di beberapa wilayah," katanya.

Dia mengharapkan TNI yang terus membantu rakyat tetap melaksanakan donor darah minimal dua bulan sekali. "Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar mendonorkan darahnya untuk membantu saudara kita yang masih membutuhkan darah, dikarenakan kita belum mengetahui berapa lama penanganan Covid-19," ujarnya.

Kasiops Rem 032 Kolonel Sugiyono selaku Koor dinator Donor Darah mengatakan, kegiatan itu dilakukan menyikapi perintah dari Komando Atas (Kotas) mengatasi dampak tersebut, Korem 032/Wbr sejajaran bekerja sama dengan PMI melaksanakan donor darah secara bergantian di berbagai wilayah Sumatera Barat yang bertujuan untuk membantu kesiapan kebutuhan darah yang dipergunakan dibidang kesehatan.

"Tetap jaga kesehatan membantu kemanusiaan, Wirabraja selalu berkarya”, ujar Kolonel Sugiyono.

Meri Kristina Wati, salah seorang pendonor darah mengungkapkan, dirinya sudah sering melaksanakan donor darah dimulai sejak tahun 2000. Setelah melaksanakan donor katanya, sirkulasi darah menjadi lancar, membuat badan terasa sehat dan bugar. Namun kegiatan yang dilakukan kali ini untuk membantu PMI memenuhi kebutuhan darah sebagai wujud kebersamaan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Dengan diadakannya donor darah kali ini, diharapkan kedepannya pasien yang membutuhkan darah bisa terbantu, kemudian pandemi ini bisa segera diatasi, dimana masyarakat bisa menjalankan kembali aktivitasnya”, ungkapnya.

Kegiatan itu diikuti langsung Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kasrem Kolonel Inf Edi Nurhabad, para Kasi, seluruh personel Korem 032/Wbr dan masyarakat.

Demikian rilis Penrem. (eds) 




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama