Seorang Lagi Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar
Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar. (humas pemkab tanah datar)

mjnews.id – Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar, Selasa (14/4/2020) mengumumkan, seorang lagi warga Luak Nan Tuo terkonfirmasi positif Covid-19, setelah seorang yang menjalani perawatan di RSAM Bukittinggi dinyatakan sembuh.

Informasi terkonfirmasinya seorang lagi warga yang berasal dari Kecamatan Limo Kaum, disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Roza Mardiah, dan disiarkan melalui laman resmi informasi Covid-19.

Kepala Dinas Kominfo Abrar yang mendampingi Roza saat mengumumkan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu menyatakan, pemeriksaan swab pasien dilakukan pada Minggu kemarin, dan hasilnya Selasa (14/4) sudah peroleh.

"Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu kini menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Petugas dari Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas melakukan pengawasan ketat. Pasien sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), karena tercatat baru saja kembali dari daerah terjangkit virus corona," katanya.

Saat berstatus ODP, menurut Roza dan Abrar, pasien itu hanya mengalami gejala ringan. Dengan telah keluarnya hasil laboratorium itu, petugas dari Puskesmas Limo Kaum langsung melakukan penelusuran terhadap orang-orang dekat pasien atau orang yang pernah melakukan kontak.

Kendati hingga kini sudah dua warga Tanah Datar yang dinyatakan terkonfirmasi positif, namun pihaknya menghimbau warga agar tidak panik. Seterusnya mereka menghimbau agar warga menaati himbauan, instruksi dan aturan yang sudah diterapkan pemerintah.

Hingga kemarin sore, sebanyak 76 orang di Tanah Datar berstatus ODP, satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), satu orang positif Covid-19, dan satu orang lagi terkonfirmasi Covid-19 sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan orang ternotifikasi mencapai angka 3.373 orang.

Saat ini, sebanyak 141 ODP sudah selesai mengikuti tes medis untuk memastikan apakah mereka dinyatakan positif atau negatif. Sebanyak 19 orang sudah diperdapat hasilnya negatif. (mus)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama