Update 12 April: 30 Orang Positif Covid-19 di Padang

loading...


mjnews.id - Angka positif virus corona (Covid-19) di Padang terus melonjak dari ke hari. Hal ini dikarenakan masih banyaknya warga yang mengabaikan imbauan pemerintah.

"Pertambahan jumlah positif karena masih relatif banyak warga yang abai dengan imbauan pemerintah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Feri Mulyani Hamid, Minggu (12/4/2020).

Pemko sudah mengimbau warganya sejak jauh-jauh hari. Agar terhindar dari virus corona, Walikota Mahyeldi mengimbau warganya untuk mengenakan masker setiap ke mana saja. Termasuk menghindari kontak dengan orang terjangkit, melakukan social distancing dan physical distancing, serta mencuci tangan dengan sabun.

"Minggu pagi ini jumlah positif terjangkit virus masih 25 orang, penambahan terjadi pada siang harinya menjadi 30 orang," kata Kepala DKK.

Feri Mulyani mengimbau kepada seluruh warga untuk disiplin. Tidak mengabaikan imbauan pemerintah. Mengenakan masker, menjaga jarak, dan menerapkan pola hidup bersih, serta mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin.

"Mari kita sama-sama disiplin, agar mata rantai penyebaran virus ini dapat terputus," ajaknya.

Dia juga mengatakan, masyarakat sekitar tidak perlu panik namun tetap waspada dan memakai masker keluar rumah. Dan tidak perlu pula takut lewat di depan rumah warga yang positif karena virus corona tidak menular lewat udara.

Dijelaskannya, corona hidup di inangnya yaitu manusia, virus ada di dalam saluran pernafasan dalam cairan, ketika ada yang batuk maka tutup mulut dengan tisu atau sapu tangan.

Yang perlu dilakukan juga agar tidak tertular adalah melakukan pembatasan sosial untuk menghindari terkena droplet atau cairan dari mulut dari pasien yang positif. Jarak droplet itu paling kurang satu meter, jadi jarak aman dengan orang lain satu meter minimal.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang hingga 12 April 2020 pukul 17.00 WIB, terdapat 2.978 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, 272 orang tanpa gejala, 16 orang dalam pemantauan, 43 pasien dalam pengawasan, 30 positif, 2 meninggal, 11 negatif, 4 orang sembuh dan 2 orang menunggu hasil. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama