Xi Jinping Telepon Jokowi, Semangati Indonesia Bisa Menang Lawan Corona

loading...

Presiden China Xi Jinping.

mjnews.id - Presiden China Xi Jinping mengatakan China siap memberi dukungan dan bantuan kepada Indonesia dalam mengatasi wabah virus Corona (COVID-19). Melalui percakapan via telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Xi mengatakan Corona merebak di beberapa negara dan wilayah, termasuk di Indonesia.

Dilansir xinhuanet.com, Xi atas nama pemerintah dan rakyat China, menyampaikan rasa simpati yang mendalam kepada Indonesia. Setelah melewati perjuangan yang berat, lanjut Xi, masyarakat China telah meninggalkan periode tersulit.

Xi berkata, China tahu betul kesulitan yang sedang dihadapi oleh Indonesia dan bersedia menawarkan bantuan kepada Indonesia. Xi menyampaikan China yakin Indonesia dapat menang melawan Corona di bawah kepemimpinan Jokowi.

Xi menekankan bahwa dalam menghadapi pandemi ini, China dan Indonesia saling mendukung satu sama lain, seperti yang telah ditunjukkan yaitu berbagi kebaikan dan kesedihan dan saling membantu antar dua negara.

Tahun ini merupakan hari jadi hubungan diplomatik bilateral yang ke-70 antara China dan Indonesia. Xi mengatakan China bersedia untuk untuk melanjutkan kerja sama pembangunan The Belt and Road dan mendorong perkembangan strategi kemitraan yang komprehensif.

Xi menuturkan Corona adalah sebuah tantangan untuk semua umat manusia, dan hanya dengan memelihara sinergi yang kuat, maka dunia internasional dapat melawan 'musuh'.

China dan Indonesia, lanjut Xi, harus bekerja sama menekan 20 kelompok ekonomi utama dan komunitas internasional untuk memainkan peran di saat krisis respons dan pemerintahan ekonomi global. Xi mengungkapkan China akan menjunjung tinggi visi membangun komunitas dengan berbagi masa depan umat manusia, berbagi pengalaman dan memberikan dukungan sebaik mungkin untuk melawan pertarungan global menghadapi COVID-19.

China, tambah Xi, juga bekerja dengan negara lainnya untuk mempromosikan perkembangan kesehatan publik dunia dan membangun komunitas kesehatan umum untuk umat manusia. Demikian detik.com(*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama