Warga Sumbar Berpaling ke Angkutan Darat

 

Bus MPM melayani rute Padang-Jakarta

 

Liputankini.com-Warga Sumbar mulai berpaling ke moda transportasi darat bila bepergian ke Jakarta. Selain alasan menggunakan pesawat terlalu ribet, faktor yang membuat warga berpaling adalah lancarnya akses jalan, sehingga waktu tempuh bisa relatif singkat.

Pantauan liputankini,com di pool bus MPM yang berada di kawasan by pass, Padang, tiap hari loket bus tersebut dipadati warga yang hendak ke Jakarta. Sejak beroperasinya trans Sumatera dari Palembang ke Bakauheni, waktu tempuh ke Jakarta cuma 23 jam.

Sebelum ada tol, bus lewat lintas tengah yang memakan waktu 48 jam bila hendak ke Jakarta. Dengan waktu 23 jam, hanya tiga kali makan di jalan. Masing-masing di Dharmasraya, Bayung Lencir, Sumsel dan di Kalianda  Lampung Tengah.

“Sedikit waktu, sedikit pula pengeluaran,” kata Pendi, warga Padang yang baru saja Kembali dari Jakarta. Menurut dia, tol memudahkan masyarakat bila hendak bepergian. 

Kawasan by pass Padang menjadi tempat berkumpulnya bus ke Jakarta. Otobus yang memiliki pool, antara lain, MPM, Family Raya dan ANS. Tiap markas bus ramai dijubeli warga, saat naik pesawat syaratnya terlalu banyak.

Ongkos Padang Jakarta, tergantung kelas. Rentang tarif antara Rp360 ribu sampai Rp550 ribu. 

(*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama