Belum Ada E484K di Indonesia

 

 Dante Saksono Harbuwono

    

Liputankini.com-Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan varian baru virus Corona yang ditemukan di Inggris, belum ditemukan di Indonesia. Hal ini diungkapkan setelah melakukan evaluasi di beberapa tempat di Indonesia.

"Mutasi yang kami evaluasi, sampai saat ini belum ada mutasi varian yang berasal dari UK (Inggris)," kata dr Dante dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI di Jakarta, Rabu (3/2/2021).


Dante juga mengatakan ada beberapa hal yang mendasari evaluasi terkait mutasi ini harus dilakukan. Mulai dari untuk mengetahui pola sensitivitas hingga pola penyebarannya.


"Kenapa kita perlu melakukan evaluasi dari mutasi tersebut? Pertama, kita ingin mengetahui pola apakah sensitivitas terhadap pemeriksaan PCR itu berubah," jelas dr Dante.


"Kemudian, apakah pola penyebaran tersebut berubah dan apakah kesakitan dari pola tersebut berubah, sehingga pendekatan implementatif dalam hal pengobatan itu menjadi lebih efektif lagi," lanjutnya.


Dante juga mengatakan varian baru Corona ini menjadi salah satu intervensi untuk melakukan riset-riset dalam pendeteksian dini. Pendeteksian ini dilakukan untuk menemukan kemungkinan adanya perubahan-perubahan yang bisa menyebabkan pandemi ini semakin berkepanjangan.

Diwartakan detikcom, Kamis (4/2/2021), varian virus Corona Inggris bermutasi lagi dan diberi nama E484K. Para ahli menyebut mutasi ini mirip dengan varian corona dari Afrika Selatan dan Brasil. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama