Cara Mudah Bangun Usaha Melalui Google Bisnis, Segera Praktikkan Sekarang

loading...

 


 


Sandy Lian Tilawah Nasution

(Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)



Pada era yang sangat modern ini, hampir semuanya menggunakan teknologi. Tidak terkecuali dengan bagun usaha melalui Google Bisnis. Hal ini mempermudah bagi para UMKM untuk memberdayakan usahanya.

Kemudian sejak 2015, Google memberdayakan bisnis di Indonesia dengan membuat sebuah misi. Salah satunya adalah program bimbingan melalui fitur Google Bisnisku. Bahkan rencananya, mereka ingin melatih usaha kecil di Indonesia menjadi dua juta sebelum akhir 2020.


Hal tersebut mempermudah pebisnis dalam memunculkan bisnis mereka di pencarian Google. Sehingga, ini juga akan mempermudah konsumen dalam mencari bisnis terkait di sekitar mereka. Menjelang akhir tahun ini, Google menanggap program ini tengah populer.


Sebab, Google Bisnis sudah banyak digunakan banyak pengusaha kecil. Sehingga, para pebisnis disarankan untuk menggunakan dan mengklaim halaman bisnis untuk sebuah alasan yang baik. Sebab, dengan menggunakan halaman tersebut bagun usaha melalui Google Bisnis akan semakin mudah. Bahkan, anda bisa selangkah lebih maju dari pesaing anda. Terlebih, dengan menggunakan halaman ini akan membuat anda mendapat sebuah investasi yang besar.

Berikut Cara Memulai bagun usaha melalui Google Bisnis :

1. Search Google Bisnisku di halaman Google, atau klik di sini

2. Ketika sudah masuk ke halaman, klik “Mulai Sekarang”

3. Login menggunakan akun Google.

4. Calon pendaftar lalu diminta untuk menulis nama bisnya. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah nama    bisnis sudah terdaftar atau belum. Jika nama bisnis sudah ada, anda tulis nama bisnis lain. Atau jika itu    nama bisnis anda, anda tinggal klik dan mengklaimnya.

5. Namun apabila belum masuk data Google, silahkan klik “Tidak Ada Opsi yang Cocok”

6. Kemudian ikuti petunjuk, mulai dari isi biodata lengkap sesuai dengan permintaan. Usahakan memasukkan semua data lengkap dan benar, terlebih dengan nomor telepon. Sebab, satu nomor hanya bisa digunakan untuk satu bisnis.

7. Setelah itu, klik submit.

8. Tunggu sebentar hingga surat verifikasi dari Google yang dikirim ke alamat email calon pendaftar bisnis.

Kemudian setelah selesai semuannya, diharap anda rajin update pada laman Google Bisnisku. Cara cepat untuk mendapat respon dari Google adalah dengan rajin mengunggah foto, meminta review dari konsumen, dan membuat konten terkait. Hal ini bertujuan untuk membuat yakin para pelanggan terhadap kualitas bisnis yang dibuat.

Lalu selanjutnya, bagaimana cara menyiapkan dan menggunakan Google Bisnis ? Pertanyaan ini terus muncul dalam benak para pebisnis. Hal ini akan semakin mudah bagi anda untuk bagun usaha melalui Google Bisnis. Simak terus caranya dibawah ini.


Menyiapkan Google My Business Page

1. Silahkan masuk atau kunjungi www.google.com/business

2. Klik ‘Get On Google’ dan anda akan diarahkan masuk alamat email dan kata sandi

3. Kemudian setelah masuk, anda akan melihat peta. Anda disuruh untuk memberi lokasi bisnis anda.

4. Pilih jenis bisnis anda, pastikan dalam hal ini anda benar dalam memasukkannya. Sebab, berbeda nama bisnis    atau alamat jalan bakal berpengaruh pada bisnis anda selanjutnya. Selain itu, terdapat beberapa layanan       yang harus anda isi, seperti 

   • Opsi Area Layanan (Sevise Area), ini adalah pelayanan klien di lokasi tertentu atau di tempat klien      sendiri.

   •Kemudan opsi Etalase (Store Front) ini merupakan tempat anda membangun sebuah kantor bisnis yang real.     Seperti bengkel, restoran atau salon.

5. Setelah memilih tipe dan menyiapkan bisnis anda, kemudian pastikan lagi anda menemukan bisnis. Caranya adalah mencari bisnis anda di kolom pencarian bisnis. Apabila tidak menemukan bisnis anda, klik opsi ‘Add your business’.

6. Setelah mengklik ‘Add your business’, maka anda diminta untuk masuk ke halaman baru dan mengisi formulir online beserta rincian lokasi. Setelah di isi, klik next pada tombol biru.

7.Setelah memasukkan semua informasi, anda diminta untuk menyetujui semua syarat dan ketentuan untuk memberi tahu bahwa anda memiliki kewenangan dalam mengelola binsis. Klik continue

8. Setelah semuannya selesai, Google akan mengirimkan kode melalui Pos. Anda bisa menunggu kode tersebut dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu. Kemudian setelah menerima, lalu masukkan kode ke akun yang anda buat.

9. Setelah menerima kode, masuk ke akun Google Binsisku dan klik tombol “Verifikasi Sekarang” untuk memasukkannya. Kemudian setelah semuannya verifikasi selesai, Halaman Bisnis yang anda miliki sudah mulai beroperasi. (*)





 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama