Garuda Pastikan Pesawat B777-300ER Laik Terbang

loading...






Liputankini.com-Maskapai Garuda Indonesia memastikan pesawat Boeing 777-300ER yang dioperasikan dalam kondisi laik terbang. Saat ini, Garuda Indonesia saat ini memiliki 10 unit Boeing 777-300ER. 



"10 unit B777-300ER yang dioperasikan telah memenuhi kriteria layak terbang berdasarkan ketentuan aircraft maintenance manual di bawah pengawasan penuh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU)," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Senin (22/2) malam. 


Irfan menambahkan, Garuda Indonesia juga sudah melakukan antisipasi. Dia menuturkan, saat ini sudah menjalankan inspeksi khusus secara menyeluruh terhadap seluruh armada B777-300ER. 


"Dari prosedur inspeksi tersebut, seluruh komponen pesawat dalam kondisi serviceable dan layak terbang. Hasil inspeksi tersebut juga telah kami sampaikan kepada DKPPU," ungkap Irfan yang diwartakan republikaonline.


Selain menjalankan prosedur inspeksi secara menyeluruh, Irfan mengatakan Garuda Indonesia juga menjalankan mekanisme perawatan secara berlapis dan end to end pada seluruh pesawat. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi pesawat dalam kondisi yang prima ketika akan terbang.


Irfan menegaskan, upaya menyeluruh dan berlapis diterapkan dalam menjalankan prosedur inspeksi dan perawatan armada secara komprehensif. "Ini dilakukan untuk memastikan pesawat yang diterbangkan telah memenuhi standard kelaikudaraan sesuai regulasi yang berlaku serta guna menghadirkan layangan penerbangan yang aman dan nyaman kepada pelanggan setia Garuda Indonesia," jelas Irfan.


Sebelumnya, United Airlines menghentikan sementara operasional penerbangan dengan peawat Boeing 777-200. Pesawat tersebut pada Sabtu (20/2) mengalami kerusakan mesin di bagian kanan pesawat namun berhasil mendarat darurat di Bandara Internasional Denver. 


Saat terjadi kerusakan, puing-puing pesawat bahkan juga menyebar di tanah. Pesawat yang saat itu membawa 231 penumpang dan 10 awak tersebut terbang menuju Honolulu, Hawai. 


Garuda Indonesia memastikan pesawat Boeing 777 yang dioperasikan berbeda dengan series yanh dimiliki United Airlines. Pesawat B777-300 ER yang dioperasikan Garuda Indonesia menggunakan engine tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric. Sementara Boeing 777-200 yang dioperasikan United Airlines menggunakan mesin mesin Pratt and Whitney PW4000. 

(*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama