Polisi dan Warga Ubah Tempat Pembuangan Sampah Jadi Lahan Hijau

 




Liputankini.com-Polisi dan masyarakat di Perumahan Mega Permai 1, Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Padang menyulap tempat pembuangan sampah menjadi lahan hijau.


Polisi yang bernama Aipda Juwaldi. Dia bertugas di Polsek Lubuk Alung sebagai Bhabinkamtipmas di Nagari Toboh Gadang Timur, Polres Padang Pariaman bersama dengan masyarakat Mega Permai 1 ini menamai kegiatannya dengan komunitas lingkungan manggarai.


Lahan yang luasnya hampir tiga hektare itu dulunya tempat pembuangan sampah dan aliran sungai yang dipenuhi sampah plastik serta limbah rumah tangga. Sampah sering mengakibatkan banjir dan sumber penyakit. Sekarang semuanya berubah total. "Hampir satu hektare dijadikan lahan hijau yang produktif," kata Juwaldi yang dilansir republikaonline.


Polisi bersama warga, hampir tujuh bulan menyulap aliran sungai yang biasa tersumbat sampah plastik dan limbah rumah tangga dari 2.500 kepala keluarga di komplek tersebut dan tempat pembuangan sampah menjadi lahan hijau dengan membersihkan sisa sampah yang tertimbun di waktu sore dan saat libur.


Polisi dan masyarakat setempat berusaha mengeluarkan dan mengumpulkan sampah yang tertimbun di lahan tersebut yang kemudian lahannya ditanami tanaman sayur dan tanaman obat.


Adapun jenis tanaman yang ditanam, cabe, singkong, jagung, kacang panjang dan lainnya. "Yang hasilnya nanti bisa dimanfaatkan masyarakat Mega Permai," kata Juwaldi yang dilansir tribranews.sumbar.polri.goi.id. (*)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama