Musrenbang Penting Bagi Pembangunan Daerah


Suasana musrenbang di di aula kantor Camat Ulakan Tapakih di Nagari Sungai Gimba Ulakan, Senin (22/2/2021).


Liputankini.com-Bertempat di aula kantor Camat Ulakan Tapakih di Nagari Sungai Gimba Ulakan, Senin (22/2/2021), diselenggarakan musrenbang tingkat kecamatan dan penyusunan RKPD Padang Pariaman 2022. Musrenbang mengusung tema percepatan pemulihan ekonomi dan peningkatan SDM verkualitas berbasiskan pemberdayaan masyarakat.


Hadir dalam musrenbang, Staf Ahli Bupati Arman Adek  yang sekaligus membuka secara resmi. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafrifuddin, anggota DPRD Syafrinaldi. Mewakili Polsek Nan Sabaris Ipda Afrizal, mewakili Danramil 07/PK Serda Ricky Efendi, Kepala KUA Kecamatan, perwakilan OPD dan instansi vertikal, wali nagari dan Ketua Bamus se-Ulakan Tapakih serta dari pendamping desa Darmawan dan Desmon.


Syafrifuddin menyampaikan, musyawarah diikuti 60 peserta yang terdiri dari lima utusan delapan nagari, perwakilan OPD dan tim perumus. Sebanyak 24 usulan kegiatan prioritas nagari, akan ditetapkan dalam musyawarah ini dan sejumlah program kegiatan yang tidak tertampung dalam RKP Nagari akan diusulkan di musrenbang tingkat kabupaten. Kegiatan prioritas yang diusulkan nagari dibagi dalam tiga bidang, fisik dan aarana prasarana, sosial budaya dan perekonomian.


Arman Adek menyampaikan, musrenbang Kecamatan diselenggarakan guna membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan yang bukan merupakan kewenangannya menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.


Kemudian, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan dalam wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan di nagari.


"Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, dalam urusan wajib dan urusan pilihan berdasarkan tugas dan fungsi OPD dalam Padang Pariaman, provinsi dan pusat," katanya.


Syafrinaldi mengatakan, musrenbang menjadi forum yang sangat penting. Sebagai media diskusi dan musyawarah pihak-pihak yang berkepentingan, dalam merumuskan program dari kegiatan pembangunan di Ulakan Tapakih. (amiruddin)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama