Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

 

(ilustrasi)



Liputankini.com-Kabupaten dan kota di Sumatera Barat diminta waspada dengan potensi kebakaran hutan dan lahan. Tercatat sejumlah sudah daerah dilanda kebakaran hutan dan lahan tersebut, antara lain, Agam, Limapuluh Kota, Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.


Ada potensi daerah lain juga akan dilanda persoalan yang sama, karena cuaca panas masih terjadi. Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Erman Rahman menyebutkan, musim kemarau yang melanda sejumlah daerah dengan intensitas suhu di atas 31 derajat celsius. 


Dalam kondisi panas begini, masyarakat jangan pula membuka lahan dengan cara dibakar. Di Agam, kebun sawait di lahan gambut yang terbakar. Di Padang Pariaman, kebun sawit juga dimamah si jago merah. Dalam catatan BPDB, ada pula kebakaran hutan dan lahan di Harau, Limapuluh Kota.


Karhutla juga melanda lahan di Bukit Selayang Pandang, Pesisir Selatan dengan luas lahan yang terbakar 1,5 hektare. Secara keseluruhan di Sumbar, Kalau ditotal lahan yang terbakar itu mencapai 30 hektare. 


Daerah yang diminta waspada, antara lain Solok Selatan dan Dharmasraya. Kedua daerah itu memiliki lahan perkebunan yang cukup luas. (*)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama