Ahli dari Jerman Siap Percantik Batang Arau


 Tenaga ahli dari Jerman, Michell Rohmann  dan Plt Wali Kota Hendri Septa diskusi tentang Batang Arau. (humas)


LIPUTANKINI.COM-Tenaga ahli dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM), Michell Rohmann  tiba di Padang. Dia meninjau Batang Arau, Kelurahan Batang Arau, Padang Selatan, Senin (29/3/2021). Kedatangan Michell Rohmann disambut Plt Wali Kota Hendri Septa beserta jajaran. 

Michell Rohman merupakan seorang hydrologist yang bakal berperan sebagai 'integrated expert' untuk mendukung program Waste Management of Batang Arau River (pengelolaan limbah sungai Batang Arau) di Padang. 


Hendri Septa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan selamat datang atas hadirnya Mr. Michell Rohmann. Dia merupakan ahli yang akan memberikan transfer ilmu dan hal penting lainnya dalam upaya peningkatan pengelolaan limbah sungai.


"Upaya peningkatan kebersihan dan kualitas air sungai merupakan tindak lanjut dari bingkai kerjasama Sister City (Kota Kembar) yang telah terjalin antara Padang-Hildesheim (Jerman). Kontrak kerja bagi Mr. Michell Rohmann ini selama dua tahun terhitung dari awal masa kerja yang resmi dimulai pada hari ini, " ungkap Hendri sewaktu meninjau Sungai Batang Arau dari atas Jembatan Siti Nurbaya.


Sekaitan kehadiran Mr. Michell Romann di walikota berharap bakal terwujudnya apa yang diharapkan dan diidam-idamkan warga selama ini. Bagaimana sungai-sungai bisa menjadi bersih dengan kualitas air yang jernih. Hal ini pun juga sesuai dari visi sebagai kota berbasiskan pendidikan, perdagangan dan pariwisata.


Hendri berharap, melalui ilmu-ilmu dan pengalaman dari Mr. Michell Rohmann ini akan mampu nantinya menjadikan sungai Batang Arau menjadi sungai yang bersih, jernih dan indah. 


"Saat ini Sungai Batang Arau memang masih dalam kategori kelas empat, semoga nanti bisa menjadi kelas dua. Sehingga dengan demikian, kawasan tersebut bisa dipercantik dan kita juga berkeinginan menjadikannya sebagai kawasan marina dan maritim center yang terintegrasi dalam program Kawasan Wisata Terpadu (KWT), " kata dia yang dikutip dari laman Facebook Humas Pemko Padang.


Kabag Kerjasama Setda Erwin. M menambahkan, terkait fungsi dan kehadiran Mr. Michell Rohman nantinya yaitu akan memberikan transfer ilmu kepada pemko khususnya pihak OPD terkait dalam pengelolaan sungai di Padang terutama Batang Arau. 


"Diharapkan sungai tersebut ada perbaikan mulai dari edukasi sampai teknis pelaksanaan pengelolaan limbah yang ada. Sebagaimana kita ketahui, dari hulu sampai ke hilir banyak limbah yang dihasilkan masyarakat, " tuturnya.


"Kita sudah menyiapkan fasilitas kehidupan sehari-hari seperti ruangan kerja, kebutuhan pribadi dan asuransi kesehatan bagi beliau yang telah dianggarkan dalam APBD Padang. Sementara untuk pengerjaan fisik nantinya kita akan upayakan dukungan baik dari pemerintah pusat dan pihak lainnya termasuk dari pemerintah Jerman, " sebut Erwini.(*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama