BPBD Padang Bersihkan Pohon Tumbang


 Petugas memotong pohon yang tumbang di Padang. (humas)





Liputankinni.com-Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Padang. Selasa (2/3//2021) yang mengakibatkan puluhan pohon tumbang.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah mencatat 23 pohon tumbang yang tersebar di beberapa lokasi. Jenis pohon yang tumbang diantaranya kedondong dan mahoni.

"Ada 23 pohon tumbang sampai malam kemarin diantaranya terjadi di Padang Selatan, Air Tawar Barat, Lubuk Kilangan, Nanggalo, Lubuk Begalung RSUD Air Pacah," kata Kepala Pelaksana BPBD, Barlius, Rabu (3/3/2021). 


Barlius menambahkan, Kondisi pohon yang tumbang tersebut ada yang jatuh ke jalan, menimpa atap rumah warga, warung, pagar dan mobil. Dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material. 


"Dalam penanganan bencana ini kita menurunkan tiga Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berjumlah 21 orang empat regu. Dari 23 pohon tumbang tersebut 21 telah selesai diangkut dan dibersihkan. Kita juga ucapkan terima kasih kepada warga sekitar yang ikut membantu TRC," sambungnya yang dikutip dari laman Facebook Humas Pemko Padang.

 

Ia melanjutkan, faktor penyebab pohon tumbang selain angin kencang dan hujan deras juga disebabkan kondisi pohon yang sudah tua. 

"Faktor lainnya adalah fenomena la nina medio Oktober 2020 sampai April 2021. Khusus untuk Maret ini BMKG memprediksi akan terjadi hujan deras. Bencana ikutan adalah longsor, pohon tumbang dan banjir. Kita menghimbau kepada warga yang ingin berpergian agar berhati-hati. Jika tidak ada kepentingan yang mendesak, disarankan di rumah saja," pungkasnya. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama