Demi Jaga Harimau, ICS Fasilitasi Pembentukan Hutan Nagari


Ketua ICS Solsel Salfa Yandri (kiri) saat memberikan peralatan pendukung pengamanan hutan lindung. (ist)



Liputankini.com-Institution Concervation Society (ICS) memfasilitasi pembentukan sembilan hutan nagari demi menjaga wilayah jelajah harimau Sumatera dan enam sudah dikeluarkan surat pengelolaannya oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.


Direktur ICS Solok Selatan, Salpayandri mengatakan, dari enam yang sudah memiliki SK pengelolaan hutan nagari, ICS fokus di dua lokasi, Lembaga Pengelolan Hutan Nagari (LPHN) Sako Utara Pasir Talang dan Nagari Lubuk Gadang Selatan.


"Kedua daerah ini merupakan wilayah jelajah harimau Sumatera dan juga berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat," ujarnya, Selasa (2/3/2021)


Dia mengatakan, ICS fokus memperkuat LPHN secara kelembagaan seperti menyusun AD/ART, administrasi keuangan dan sekretariat harus ada. 


Selain itu, katanya, juga memasang tapal batas wilayah kelola sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan Kementerian Kehutanan. 


Setiap hutan nagari, katanya, akan dibentuk menjadi tiga blok atau zonasi, lindung, rehabilitasi dan pemanfaatan. 


LPHN didorong melakukan patroli berbasis digital untuk menjaga hutan sehingga mereka bisa menikmati manfaat hutan.  "Tim dari ICS bersama dengan petugas LPHN bersiap patroli di sekitar hutan nagari," ungkapnya


Sedangkan dari segi peningkatan kapasitan di hutan nagari katanya, sudah banyak dilakukan, bukan hanya oleh ICS tetapi, semua pihak terkait seperti Dinas Kehutanan. 


Sekarang masyarakat di sekitar hutan nagari lebih banyak memanfaatkan hasil hutan, bukan kayu seperti rotan dalam meningkatkan ekonomi.


Salpayandri menjelaskan, sekarang mereka telah fokus memperkuat perhutanan sosial di Solok Selatan untuk menjaga wilayah jelajah harimau Sumatera


"Kalau masyarakat diberdayakan secara otomatis hutan akan terjaga sebab mereka tinggal di sekitar hutan sehingga ruang jelajah harimau terjaga dan tidak sampai masuk ke perkampungan," imbuhnya. (Afriyoriza)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama