Gubernur Kukuhkan Sudahri Jadi Ketua Perwanaliko



Gubernur Mahyeldi kukuhkan Sudahri sebagai Ketua Umum Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota, Rabu (31/3/2021). (its)



Limapuluh Kota - Wali Nagari Tarantang, Sudahri resmi sebagai Ketua Umum Persatuan Walinagari Limapuluh Kota (Perwanaliko) untuk masa bhakti 2021-2025 setelah dikukuhkan Gubernur Mahyeldi Ansharullah di aula objek wisata Kampung Eropa, Kawasan Wisata Harau, Rabu (31/3/2021).


Mahyeldi mengaku merasa senang hadir di tengah-tengah wali nagari se-Limapuluh Kota, karena wali nagari merupakan ujung tombak dari pemerintahan dalam percepatan pembangunan terutama pemerintahan kabupaten. "Saya meminta para wali nagari agar sungguh-sungguh melaksanakan tugas untuk kemajuan nagarinya," kata Mahyeldi.



Menurut gubernur, pengembangan potensi nagari atau desa di Sumatra Barat belum optimal. Hal ini terlihat dari belum banyak nagari di wilayah ini yang unggul dengan produk, potensi, atau inovasi yang dilakukan dalam menggerakkan ekonomi warga secara besar-besaran.


Gubernur meminta para wali wagari memanfaatkan anak-anak muda kreatif dengan cara mendorong mengikuti pelatihan-pelatihan dalam membangun kampung halamannya. "Nanti anak muda disini bisa dilatih dan dibekali di BLK dan setelah itu dibuat plening bisnisnya bekerjasama dengan perbankan. Apalagi  Limapuluh Kota memiliki banyak daerah wisata," ucapnya.


Mahyeldi melihat, setiap nagari di Sumbar memiliki potensi yang berkaitan dengan karakteristik wilayah untuk bisa dikembangkan. Sebagai contoh Kabupaten Limapuluh Kota memiliki banyak potensi wisata dan kuliner seperti di Lembah Harau yang memiliki Kampung Eropa dan memiliki potensi pertanian atau peternakan. "Potensi-potensi itu perlu diangkat sebagai nilai tambah, sesuaikan dengan potensi daerah," ujar Mahyeldi.


Gubernur juga meminta wali nagari meningkatkan pelayanan publik, pelayanan keuangan, serta perancangan penggunaan dana dari pusat untuk pembangunan Nagari. Hal ini menyusul dana desa yang disalurkan pemerintah pusat makin besar. "Terkait anggaran wali nagari, saya minta jangan disalahgunakan, jangan dikorupsi, dan jangan wali nagari sampai tersangkut masalah hukum," sebutnya.



Sudahri bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran gubernur. "Saya akan menyusun program kerja dalam menyukseskan nagari-nagari yang berada di Limapuluh Kota dan bekerja sesuai dengan harapan para wali nagari," janjinya. Ia akan fokus dalam peningkatan kapasitas pemuda dan pemudi yang putus sekolah untuk dibekali melalui BLK dan dipersiapkan untuk kerja. (BIRO HUMAS SETDAPROV SUMBAR)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama