Padang Masuk Nominasi Penerima APE 2021


Verifikasi lapangan bagi daerah calon penerima APE. (humas)



LIPUTANKINI.COM-Pemerintah Kota Padang mengikuti verifikasi lapangan dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).


Verifikasi yang berlangsung secara virtual tersebut dibuka Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dermawan.


Pelaksana Tugas Wali Kota Hendri Septa bersama pimpinan OPD terkait mengikuti dari aula Abu Bakar Ja'ar, balaikota, Aie Pacah, Selasa (30/3/2021).


Dermawan mengatakan, pertemuan ini bermaksud untuk memverifikasi dan melihat lebih dalam lagi bahan yang telah dikirim Pemerintah Kota Padang, sehingga nanti dapat menjadi bahan evaluasi dalam penerimaan penghargaan ini.

"Verifikasi ini merupakan pertimbangan bagi kami untuk merekomendasikan Padang sebagai calon penerima APE 2021. Sebuah penghargaan tingkat nasional yang diberikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota yang dinilai berhasil dalam kesetaraan dan keadilan gender," ungkapnya yang dikutip dari laman Facebook Humas Pemko.

 

Hendri Septa menyambut pelaksanaan verifikasi lapangan yang dilakukan KPPPA. "Kita ucapkan terimakasih kepada KPPPA RIyang telah menunjuk Padang masuk dalam nominasi penerima penghargaan nasional APE ini. Semoga kita dapat meraih  penghargaan tersebut nantinya," ujar Hendri Septa.


Dia menyampaikan, salah satu perioritas pembangunan kota adalah mambangun sumber daya manusia yang berkualitas, termasuk didalamnya peningkatan partisipasi perempuan dan kesejahteraan keluarga dengan arah kebijakan diantaranya, meningkatkan peran kelembagaan dalam peningkatan kualitas hidup dan peningkatan gender dalam pembangunan di Padang.


"Membangun sumber daya manusia yang berkualitas merupakan misi pertama dari tujuh misi Kota Padang sebagaimana juga tertuang dalam RPJMD Kota Padang dan rencana stategis OPD yang dilakukan melalui analisis gender. Maka oleh sebab itu konsen terhadap hal ini," kata Hendri Septa.   


Hendri juga menyampaikan verifikasi lapangan yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 


"Kita berharap apa-apa yang telah dipaparkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim verifikator untuk kita dapat meraih penghargaan dan kepada seluruh warga Kota Padang mohon doa dan dukunganya," harapnya. 


APE merupakan penghargaan yang diberikan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak. Serta sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG). (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama