Padang Miliki Rumah Potong Unggas Modern


 Gubernur resmikan rumah potong unggas



LIPUTANKINI.COM
-Padang miliki rumah potong hewan yang modern dan terjamin kebersihannya. Rumah potong itu terletak di kawasan Aia Pacah. Rumah potong itu diresmikan Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Kamis (25/3/2021).


Mahyeldi mengatakan, rumah potong itu diharapkan menjadi jaminan ketersediaan ayam potong yang higienies, sehat, aman dan halal dengan berkapasitas 10 ribu-15 ribu unggas per hari.


"Kita bangga dengan adanya pemotongan ayam menggunakan teknologi yang sesuai dengan standar ditetapkan. Rumah potong modern ini satu-satunya di Sumbar, bahkan cuma ada di Sumatera bagian tengah," katanya.


Hadirnya rumah potong unggas (RPU) akan mendukung Padang menjadi kota halal.  RPU akan meningkatkan perekonomian. Dijelaskan Mahyeldi, peluang meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha unggas di RPU sangat memungkinkan. Ia juga meminta Koperasi Saudagar Minang Raya bisa mendukung suplai bagi pelaku usaha di RPU ini.    


"Ke depan tren konsumsi ayam akan meningkat, kita harus pastikan kualitas terjaga dan tersertifikasi," tandasnya.


Mahyeldi mengatakan, karena RPU bisa melakukan pemotongan unggas 15 ribu sehari. Dengan demikian pemasarannya, pakannya akan menggerakkan perekonomian akan meningkat. Sumbar bisa bersinergi dengan provinsi lain, seperti Riau Jambi dan Bengkulu.


Apalagi fasilitas teknologi pemotongan unggas di sini dapat dipertahankan untuk dua tahun dan tak mengubah rasa dan tekstur. 


Dengan RPU tersebut, Mahyeldi mengharapkan dapat menyerap tenaga kerja. Dia juga berharap hasil peternakan ayam dari masyarakat juga bisa dipotong di sana. (*)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama