Penyerahan LPKD, Solok Selatan Pertama di Sumbar


Plt Bupati Solsel,  Abdul Rahman dan pejabat lainnya foto bersama usai serahkan LKPD ke BPK RI di Padang, Senin (1/3/2021).




Liputankini.com-Pemerintah Kabupaten  Solok Selatan untuk pertama kali mampu menjadi kabupaten pertama di Sumatera Barat menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  2020 ke BPK Perwakilan Sumbar. 


Sesuai jadwal yang ditentukan undang-undang, batas akhir penyerahan LKPD 2020 ditetapkan pada 31 Maret 2021. 


Sedangkan Pemkab. Solsel t menyerahkan LKPD  2020 itu pada BPK Perwakilan Sumbar, Senin (1/3/2021)


"Sebagai kabupaten baru, Solsel sudah bisa menjadi kabupaten/kota di Sumbar yang tercepat dalam menyajikan (LKPD) ini, " kata Bupati  Abdul Rahman usai menyerahkan LKPD ke Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar Yusma Dewi. 


Menurut Abdul Rahman, dengan pengelolaan yang semakin baik, Solok Selatan bisa menjadi yang tercepat se Sumatera Barat menyerahkan LKPD.

"Ini prestasi luar biasa yang dilakukan  pejabat pemkab," ujarnya.


Turut hadir saat impenyerahan LKPD itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah  Irwanesa,  Inspektur Akmal Hamdi,, Kabid Akutansi Yoni Elfis,  dan Bagian Humas Protokol Pemkab. 

Menurut bupati, laporan bisa lebih cepat tuntas  berkat kerjasama antara Tim LKPD dengan Tim Pengelola Dana BTT Covid-19 di BPBD.


Selain itu, juga berkat bantuan data dukung dari RSUD dan Dinkes dalam penyajian bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, masyarakat, perusahaan dan lembaga/instansi lainnya. 



Dikatakan, setelah empat kali Solsel berturut-turut meraih opini WTP sepanjang RPJMD 2016-2021, diharapkan LKPD kali ini bisa meraih opini WTP ke-5.


 Irwanesa menjelaskan, secara umum aparatur Pemkab Solsel  bekerja keras  saat dilakukannya pemusatan/karantina bersama tim OPD, tim LKPD dan tim review pada satu tempat agar saling bersinergi untuk penyelesaian laporan ini. 


Laporan keuangan itu sudah mengungkapkan dan menyajikan akun-akun/pos-pos keuangan dan aset tetap yang terpengaruh dan terkait dengan penanganan pandemi Covid-19. 


Selain itu, juga secara paralel pelaksanaan atau proses penyusunan LKPD oleh tim LKPD BPKD dengan tim review inspektorat sudah berjalan optimal, sehingga tuntasnya laporan ini lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. 


Kedepan Pemkab Solsel terus berusaha  secepatnya menyelesaikan laporan tersebut.


 Tak hanya itu, pemkab akan terus berupaya membiasakan profesional dan disiplin dalam bekerja, sehingga akan menjadi budaya kerja yang baik di lingkungan Pemkab Solsel.


Terutama masalah pengelola keuangan OPD yang dilakukan  pejabat lenatausahaan keuangan OPD, Bendahara oengeluaran dan pengurus barang/aset OPD serta operator simda OPD. 


Mudah-mudahan hasilnya juga bagus, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim BPK RI perwakilan Sumbar nantinya.  


Kepala BPK Perwakilan Sumbar Yusma Dewi membenarkan Solsel merupakan daerah pertama di Sumbar yang menyerahkan LKPD 2020. 

Dia mengapresiasi kinerja Pemkab Solsel, khususnya bupati yang sukses mengoordinasi aparatur.


“Solsel adalah yang pertama se-Sumbar menyerahkan LKPD, jadi kami sangat mengapresiasi  Bupati, Abdul Rahman, Sekdakab Doni Rahmat Samulo beserta jajaran,” kata Yusma Dewi

 Inspektur,  Akmal Hamdi berharap pada pemeriksaan ll hasilnya sesuai dengan laporan LKPD.


 " Muaranya tentu pemkab mampu meraih Opini WTP ke-5, " kata Akmal Hamdi.  (Afriyoroza)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama