Pondok Pesantren Ashhabul Yamin Raih Juara Umum






LIPUTANKINI.COM-Pondok Pesantren Ashhabul Yamin, Lasi Tuo, Kecamatan Canduang, Agam menjadi juara umum pada Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) yang diadakan Ikatan Santri Pondok Pesantren Ashhabul Yamin (ISPA).


Ketua Panitia, Fadhilul Rahman, mengatakan, acara PHBI ini diadakan dalam rangka memperingati Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW. “Alhamdulillah, kita sebagai tuan rumah mendapatkan juara umum dari 12 cabang perlombaan yang diadakan,” terangnya.


Perlombaan ini, lanjutnya, bukan untuk menunjukkan siapa yang paling hebat. Lebih dari itu, perlombaan ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antara santri, meski berbeda sekolah.


Lomba tersebut diadakan pada Selasa (15/3/2021), yang diikuti beberapa pondok pesantren se-Agam Timur. Kemudian pada Rabu (16/3/2021), acara dilanjutkan dengan tausiyah dari pimpinan pondok, Buya H. Zamzami Yunus.


Buya menceritakan kembali bagaimana perjuangan Nabi untuk umatnya. Hanya keimanan yang kuat yang bisa menerima kejadian yang tidak masuk akal tersebut karena dalam agama, bukan hanya akal yang dikedepankan, tetapi imanlah yang menjadi patokan akal. 


“Jika Allah sudah berkehendak, tak ada yang tidak mungkin,” terang pimpinan pondok pesantren tersebut.


Setelah tausiyah, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang telah mengerahkan seluruh kemampuannya sehari sebelumnya, sekaligus penutupan acara. 


Pada penutupan tersebut, Fadhil mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk acara tersebut. Dia berharap, acara ini mampu menjadi sebuah penyemangat untuk santri dalam belajar sekaligus menguji mental dan kemampuan mereka untuk lebih baik lagi.


“Acara seperti ini semoga bisa menambah menambah motivasi santri dalam belajar. Ukhuwah islamiah semakin erat. Selamat kepada para juara, untuk yang belum kuara, semoga lebih baik lagi ke depannya. Jangan patah semangat! Juara bukanlah segalanya,” ujar santri murah senyum tersebut. (zainal)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama