Desa Cubadak Air Utara Promosikan Kampuang Silek

Penampilan silat di Desa Cubadak Air Utara


LIPUTANKINI.COM-Hingga 5 April mendatang, ada promosi wisata di Desa Cubadak Air Utara, Pariaman berupa kampuang silek (perkampungan silat). Silat yang terkenal di daerah itu, Silek Harimau Lalok.


Kepala Desa Cubadak Air Utara, Aminusin Lempa mengatakan, dalam kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu, ditampilkan berbagai atraksi budaya, seperti Silek Harimau Lalok Sakarek Ulu, gandang tasa, silek galombang, tari dan indang dengan berkolaborasi dengan beberapa kelompok kesenian di Kanagarian Cubadak Air.


Pria yang lebih akrab disapa Mak Lempa ini menuturkan,  kesenian budaya dan budaya tradisional telah pudar ditelan zaman. "Sekarang mulai kami kembangkan kembali dengan menggelar iven semacam ini," kata dia, Jumat (2/4/2021).


Dikatakannya, seni budaya yang aktif di desa itu ada empat kesenian, di antaranya silat, gandang tasa, petatah petitih dan saluang. Semuanya rutin dilaksanakan tiap minggu dan dianggarkan dari dana desa.


"Tahun ini kita juga akan mengadakan pelatihan indang tradisi kepada anak-anak muda di desa," jelasnya. Aminus Lempa berharap, pemerintah kota  mendukung penuh segala macam bentuk kegiatan seni budaya.

 

Walikota Genius Umar mengapresiasi Desa Cubadak Air Utara di bawah pimpinan Aminusin Lempa atas semangatnya dalam mengembangkan seni budaya.


"Saya terkagum melihat penampilan berbagai atraksi seni yang disuguhkan, seperti tari, gandang tasa dan sileknya yang enerjik dan luar biasa," puji Genius. (*/aa)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama