Gratis, 430 Rumah akan Dapat Sambungan Air Minum



PADANG PANJANG-Pemerintah kota melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) memberikan bantuan penyambungan rumah (SR) jaringan perpipaan air minum.


Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Syahrinal Efendi mengatakan, bantuan tersebut dialokasikan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Air Minum Kementerian PUPR 2021.


SR ini, katanya, memasukkan meteran air PDAM ke rumah-rumah warga, yang biasanya memakan dana Rp2 jutaan per rumah, tapi kali ini dilakukan pemasangan secara gratis.


Syahrinal mengatakan, teknis pengerjaan penyambungan rumah dan jaringan perpipaan air minum ini, dilakukan dengan sistem tender yang dilakukan pada Mei mendatang. Pengerjaan fisik diperkirakan terlaksana pada Juni.


Syahrinal mengatakan, ada 430 warga dari 16 kelurahan di Padang Panjang yang sudah disetujui Dinas PUPR dan Kemen PUPR untuk menerima bantuan SR ini. "Jumlah yang sudah kami setujui ini, berdasarkan usulan dari kelurahan, dan sudah memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan. Seperti rumah dengan daya listrik maksimal 900 VA dan jarak rumah dengan jaringan pipa PDAM maksimal 10 meter," jelasnya yang dikutip dari laman Kominfo.


Berdasarkan syarat dan kriteria tersebut, katanya lagi, bisa disimpulkan warga yang mendapat bantuan adalah warga dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama