Gubernur Lantik Dua Kepala Daerah

Mahyeldi Ansharullah


LIPUTANKINI.COM-Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Anshrullah lantik dua kepala daerah, Rabu (7/4/2021) di Padang. Hendri Septa dilantik jadi Wali Kota Padang dan Heri Nofiardi jadi Penjabat Bupati Solok.


Hendri jadi wali kota setelah sempat dari pelaksana tugas sejak Mahyeldi dilantik jadi gubernur. Sementara Heri Nofiardi menjadi penjabat menggantikan Aswirman yang menjadi pelaksana harian bupati, sejak Gusmal memasuki purna tugas.


Sebelum mengambil sumpah, gubernur menanyakan kesediaan seluruh pasangan kepala daerah bersedia diambil sumpahnya. Semua menjawab bersedia dan sumpah diambil menurut agama Islam.


“Saya perlu mengingatkan, bahwa sumpah yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab memelihara Pancasila dan UUD 1945, serta tanggungjawab terhadap kesejahteraan rakyat,” katanya.


Sumpah menurutnya disamping disaksikan oleh diri sendiri dan disaksikan oleh semua yang hadir, dan penting juga disadari sumpah disaksikan Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.


Sumpah diambil atas kemauan yang sungguh-sungguh dan janji kepada Tuhan dan kepada manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Mahyeldi kemudian mengucapkan kata sumpah yang diiiringi oleh kedua kepala daerah. Dalam pengucapan satu per satu kepala daerah disebutkan jabatannya.


“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai, pertama Wali Kota Padang, kedua Pj Bupati Solok, memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” katanya.


Setelah diambil sumpah, kedua kepala daerah melakukan penandatanganan berita acara dan pakta integritas yang juga disaksikan Wakil Gubernur Audy Joinaldy. Kemudian diberikan tanda pangkat oleh gubernur dan petikan surat keputusan Menteri Dalam Negeri. (*)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama