Nagari Gurun Bidik Prestasi Tingkat Sumbar

Rapat persiapan menghadapi lomba tingkat Sumbar. (humas)

BATUSANGKAR-Nagari Gurun di Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar dijadikan jadi percontohan 10 program pokok PKK tingkat Sumatera Barat. Persiapan ke arah itu semakin intensif.


Tim Penggerak PKK Tanah Datar bersama OPD terkait rapat dengan pemerintahan nagari, Jumat (23/4/2021) di ruangan pertemuan kantor wali nagari.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Nofenril, mengemukakan, tahun ini sekitar Mei dan Juni, ada penilaian lomba gerakan PKK tingkat Sumatera Barat.


"Berdasarkan hasil rapat pengurus TP PKK kabupaten beserta seluruh Ketua TP PKK kecamatan pada 20 April lalu, disepakati yang mewakili Tanah Datar pada lomba gerakan PKK tingkat provinsi adalah Nagari Gurun," ucapnya yang dikutip dari laman resmi pemerintah kabupaten.


Dikatakan Nofenril, seluruh OPD terkait menyatakan kesiapan memberikan kontribusi, berpartisipasi demi suksesnya lomba gerakan PKK tingkat Sumbar tersebut. Kepala dinas minta kolaborasi antara kabupaten, kecamatan dan nagari sehinga tidak terjadi perbedaan data.


Camat Sungai Tarab, Afrizal mengatakan, di Nagari Gurun sudah dilakukan sosialisasi dengan masyarakat dan lembaga-lembaga di nagari, bahkan panitia kerja juga sudah dibentuk.


Ketua TP PKK Tanah Datar, Lise Eka Putra menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas dukungan semua pihak termasuk seluruh OPD yang terkait terhadap lomba gerak PKK tingkat provinsi tersebut.


"Masih banyak keterbatasan dan perlu persiapan  matang, sementara waktu penilaian semakin dekat. Ini harus kita hadapi demi kebaikan dan mendapatkan hasil yang maksimal bagi Tanah Datar," ucapnya.


Lise berharap dengan adanya lomba ini dapat berpengaruh besar bagi kesejahteraan masyarakat, upaya pemenuhan gizi, mencegah stunting, pernikahan usia remaja maupun pencegahan penyalahgunaan narkoba.


Sekretaris Daerah yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen minta OPD untuk fokus melalukan pembinaan.


Terkait rencana MoU dengan OPD, Suhermen mengatakan lebih cenderung kepada pernyataan bersama atau komitmen atau dukungan terhadap lomba.


"Dengan adanya komitmen berarti sudah ada tekat dan semangat bersama membina dan menyiapkan kegiatan lomba ini dengan baik," ujarnya.


Mengingat waktu penilaian semakin dekat Suhermen minta prioritaskan apa yang akan dijadikan unggulan dalam kriteria penilaian nanti. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama