Program Smart Surau Dikampanyekan di Padang Panjang

Walikota Padang Panjang hadiri khatam Alquran. (kominfo)

LIPUTANKINI.COM-Walikota Fadly Amran kampanyekan program smart surau di hadapan puluhan jamaah serta pelajar saat membuka kegiatan Khatam Alquran di Mushalla Nurussalam Tabek Gadang,  Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Minggu (4/4). 


Fadly mengatakan, program smart surau yang dihadirkan Pemerintah Kota Padang Panjang berupa pemasangan wifi di setiap masjid untuk menunjang kegiatan belajar daring para pelajar pada masa pandemi.


“Menyediakan akses internet, sesuai tujuan awal kita, meringankan beban belanja akses internet untuk kebutuhan pembelajaran daring yang makin tinggi di masa pandemi," ungkap Fadly. 


Di tengah tekanan situasional saat ini, kata Fadly, proses pembelajaran tetap berjalan. Hanya saja, proses pendidikan berjalan secara online. Proses pendidikan mulai dari SD hingga bangku perkuliahan dilakukan secara daring. Fakta tersebut menurutnya cukup memberatkan masyarakat untuk mendapatkan akses internet. 


“Kita berharap dengan fasilitas internet gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk akses internet dalam rangka kebutuhan sekolah anak," tuturnya yang dikutip dari laman facebook Kominfo. 


Fadly menyebutkan, keberadaan internet juga sudah menjadi kebutuhan dasar saat ini, terutama sebagai media dalam proses pendidikan.

"Internet di masjid, salah satu media untuk mendekatkan hati anak-anak ke masjid. Kita berikan kesempatan mereka menggunakan internet. Dengan akses internet di lokasi publik, terlebih di lokasi ibadah ini, diharapkan akan membantu proses saling kontrol dan menjaga dari banyak pihak terhadap akses konten internet yang tidak baik oleh anak-anak. Nanti ketika waktu shalat tiba, akan lebih besar peluangnya mereka akan ikut shalat berjamaah,” ujarnya.

Terkait khatam yang digelar di beberapa masjid,  Fadly berharap, para remaja mampu meningkatkan kualitas mengajinya, dan mampu ikut serta dalam kegiatan MTQ ke-39 yang mana Padang Panjang jadi  tuan rumah dalam MTQ tersebut.


“November nanti kita akan menjadi tuan rumah MTQ ke-39. Tentunya sebagai tuan rumah, kita harus mempersiapkan yang terbaik untuk pelaksanaan ini. Selain mempersiapkan kegiatan, kita juga harus mempersiapkan qori dan qori’ah yang mampu berprestasi dalam MTQ ke-39 ini. Untuk itu, kepada adik-adik diharapkan mampu ikut serta dan mengikuti seleksi yang sedang digelar oleh Bagian Kesra,” ungkapnya. 


Fadly juga berpesan kepada para santri yang akan khatam, agar khatam  ini jangan dijadikan akhir untuk membaca Alquran, justru harus bertambah rajin hendaknya membaca Alquran. (*)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama