Sandi Kunjungi Pagaruyung, Catat Janji-janjinya

 

Menteri Sandiaga Uno dan Bupati Eka Putra di Istano Pagaruyung. (humas)



BATUSANGKAR-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkunjung ke Istana Pagaruyung, Kamis (22/4/2021). Dia mengaku kagum dengan kemegahan bangunan itu. 


Sandiaga Uno memberi angin segar dengan akan dibantunya pengembangan Istano Basa Pagaruyung sebagai salah satu destinasi utama pariwisata Sumatera Barat.


"Kami akan langsung mengeksekusi DAK tahun ini. Kami siapkan dan kami hadiahkan juga satu event berskala nasional yang masuk dalam kharisma event Nusantara yaitu Festival Pesona Minangkabau yang dilaksanakan Juli mendatang," kata dia.


Menurut Sandi, Istano Basa Pagaruyung merupakan destinasi yang memiliki kekuatan yang iconic. Belum disebut ke Sumatera Barat kalau belum ke Istano Basa Pagaruyung.


"Saya berbahagia kembali ke sini untuk kesekian kalinya. Menemukan kearifan lokal, melestarikan konsep pariwisata baru yang berbasis sumber daya alam dan kebudayaan," ungkapnya


Dikatakan Sandi, walaupun Sumatera Barat tidak ada yang masuk destinasi super prioritas seperti Danau Toba, Labuan Bajo dan lainnya, namun Sumatera Barat destinasi wisatanya relatif berdekatan dan infrastruktur relatif terbangun dan masyarakat sangat welcoming kepada pariwisata dan ekonomi kreatif dan ekosistemnya sudah jalan.


"Saya sangat optimis, pemulihan ekonomi kita akan dilokomotifkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.


Bupati Eka Putra memaparkan tentang sejarah dan perkembangan Istano Basa Pagaruyung. "Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas kunjungan Pak Menteri beserta rombongan ke Tanah Datar," kata bupati.


Bupati menjelaskan, Tanah Datar sebelumnya sudah mendapat bantuan pengembangan Istano Basa Pagaruyung berupa pembangunan parkir dan kios-kios cindera mata untuk UMKM.


"Parkiran dan kios-kios kondisinya baru 70 persen. Pak menteri berjanji menuntaskan," ucap bupati yang dikutip dari laman resmi pemerintah kabupaten. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama