Warga Binaan Lebih Nyaman, Rupajang Dapat Penghargaan

                                         Para penerima penghargaan. (kominfo)



PADANG PANJANG–Berbagai terobosan dan sepak terjang Kepala Rutan Kelas II B Padang Panjang Rudi Kristiawan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang sedang menjalani hukuman, ternyata membuahkan hasil terbaik. 


Selain hasil kenyamanan yang dirasakan para WBP, aparatur di Rumah Tahanan Padang Panjang yang biasa disebut Rupajang itu juga mendapat penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemekumham) Sumatera Barat. 


Selama empat bulan memimpin Rupajang, Rudi Kristiawan berhasil melakukan perubahan di rutan itu. Sebut saja dirinya pernah menyulap perwajahan kamar tahanan menjadi lebih bersih dan layak. Selain itu, Rudi juga merenovasi tampilan dapur menjadi dapur bersih.


“Kesehatan para WBP menjadi tangggung jawab kami. Makanya kebersihan rutan ini akan terus kita perhatikan. Karena pada prinsipnya, kebersihan merupakan ujung tombak dari kesehatan,” katanya yang dikutip dari Kominfo.


Selain itu, Rudi juga bisa memastikan, seluruh WBP mendapatkan layanan fasilitas kesehatan. Apalagi, Rupajang juga telah memiliki dokter khusus untuk WBP dari Kemenkumham wilayah Sumbar.


Berkat kerja kerasnya dalam memimpin Rupajang tersebut, pada Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 yang jatuh 27 April lalu, Rudi sebagai kepala Rutan Kelas IIB menerima penghargaan UPT terbersih, terindah dan tertata rapi dari Kemenkumham Sumbar. 


Rudi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan Kemenkumham. Menurutnya, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah  kepada Rupajang.


Dia juga merasa bangga atas capaian yang diraih. Sebab Rupajang berhasil mendapatkan penghargaan untuk Rutan dan Wali Kota, dan itu satu-satunya di Sumatera Barat.


"Alhamdulilah ini semua berkat dukungan dan kerja keras dari semua pihak, baik dari jajaran rutan maupun pemerintah dan masyarakat Padang Panjang. Serta terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Sumbar  atas bimbingan, dorongan dan arahan sehingga kami dapat seperti saat ini. Inilah pencapaian terbaik bagi kami, khususnya para jajaran rutan kelas II B Padang Panjang," kata Rudi. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama