Lansia Jangan Takut Divaksinasi


Dian Puspita


PADANG PANJANG-Puluhan warga lanjut usia Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, antusias mendengarkan penyuluhan tentang Covid-19 dan pentingnya vaksinasi dari Ketua TP-PKK Dian Puspita, Kamis (4/5/2021).

Dokter Dian mengingatkan, Covid-19 ini benar-benar ada dan telah menyebar di seluruh pelosok dunia termasuk Padang Panjang. “Banyak gejala yang dirasakan bagi yang terkena virus ini. Mulai dari sesak nafas, penciuman hilang, batuk dan indra perasa hilang. Virus ini mudah sekali terjangkit apabila seseorang punya penyakit bawaan, seperti jantung, asma dan masih banyak lainnya,” papar Dian.

Bagi lansia, kata Dian lagi, virus mudah sekali menular tergantung imun tubuhnya. Maka dari itu perlu sekali bagi lansia untuk melakukan vaksinasi.

"Tidak perlu takut divaksinasi, karena vaksin ini halal dan baik untuk tubuh kita. Vaksin ini nantinya yang akan membentuk kekebalan di tubuh kita dari virus Covid-19," jelasnya yang dikutip dari laman Kominfo.

Ditambahkannya, dengan vaksin ini virus bisa dimatikan. Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan. “Jangan mentang-mentang siap divaksinasi, terus kita keluar rumah dengan santai, tidak memakai masker. Tetap saja virus ini bisa menular ke kita,” katanya.

Jika ada yang punya penyakit bawaan, sebutnya lagi, bisa divaksinasi dengan ketentuan hasil pemeriksaan kesehatannya bagus. Tensi harus normal dan tidak sedang demam.

Selain itu, Dian juga menyarankan bagi lansia agar banyak makan sayur dan buah serta jangan terlalu banyak berkerumun serta tetap patuhi prokes. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama