Masyarakat Mulai Abai dengan Protokol Kesehatan



BATUSANGKAR-Bupati Tanah Datar, Eka Putra minta tiap nagari mendirikan posko Covid-19. Tugas posko ini, melaporkan tiap perkembangan ke kabupaten. 

"Saat ini posko penanggulangan Covid-19 di nagari telah ada dan beroperasi dan tugas utamanya memberikan laporan terkait dengan kondisi terkini di nagari, termasuk jika ada perantau yang sudah terlanjur pulang kampung. Sebab pihak pemerintah daerah akan memberikan pelayanan rapid test antigen bagi para perantau yang terlanjur pulang ke kampung halaman, ini dilakukan juga demi memutus rantai penyebaran Covid 19 serta kekhawatiran masyarakat," jelas bupati. 

Eka Putra mengatakan, posko penanggulangan covid 19 di nagari juga dimaksudkan untuk tugas pemantauan sehingga apabila ada kasus konfirmasi covid bisa dengan segera diatasi.

Hal itu dikatakan Eka Putra ketika silaturahim dengan wartawan, Rabu (5/5/2021) di Indo Jolito, Batusangkar. 

Bupati menyebutkan, kondisi konfirmasi kasus covid 19 akhir-akhir ini meningkat cukup signifikan. Hal ini disebabkan masyarakat mulai abai terhadap protokol kesehatan.  "Tidak hanya masyarakat yang akhir-akhir ini abai terhadap protokol, tetapi juga dari ASN  sendiri kadang tidak patuh terutama memakai masker saat di luar rumah," ujar Eka Putra.

Menyikapi kondisi seperti ini, pemda telah membentuk tim Gakkumdu yang anggotanya terdiri dari gabungan TNI, Polri, Sat Pol pp, Dishub, Dinas Kesehatan dan Koperindag. 

Tugas utama tim ini terang bupati, adalah melakukan razia terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan terutama di lingkungan kantor pemerintah dan tempat-tempat umum lainnya serta memberikan sanksi apalagi menemukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama